Scroll to Top

Trojan OSX/Crisis Ternyata Malware Mac OSX Komersial Berbahaya

By Ditya / Published on Sunday, 29 Jul 2012

OSX Crisis

Beberapa waktu lalu sempat dikabarkan kehadiran malware baru yang menyerang sistem operasi Mac OSX yang berupa trojan bernama OSX/Crisis yang ternyata adalah malware komersial yang cukup berbahaya bagi pengguna.

Apa itu malware komersial? Malware komersial adalah malware yang dibuat dengan fungsi-fungsi khusus sesuai kebutuhan hacker yang dijual untuk kalangan tertentu sebagai alat untuk mencapai tujuan yang biasanya berupa tindakan kriminal.

Seperti yang dilansir dari LegitReview kemarin (28/07/2012), awalnya kehadiran trojan OSX/Crisis ini dipandang remeh, namun setelah diteliti lebih lanjut, malware ini memiliki fungsi mata-mata (spy) yang lebih hebat dari perkiraan semula.

Sebuah perusahaan keamanan untuk Mac mengatakan bahwa kemampuan trojan OSX/Crisis ini tak hanya mampu meng-install dirinya sendiri tanpa memerlukan password pengguna dan membuat backdoor, tapi juga kemampuan spionasi yang kompleks.

Meski tak secanggih kemampuan spionase Flame, OSX/Crisis ini tidak boleh dipandang sebelah mata. OSC/Crisis mampu merekam semua percakapan di Skype, memata-matai situs apa saja yang dibuka pengguna melalui browser Safari atau Firefox, merekam tautan dan mencatat pesan chat di Adium dan software chatting lainnya.

“Mereka telah mempersiapkan produk malware diluar pengawasan pemerintah. Mereka kemudian menjual produk malware ke beberapa perusahaan komersial atau individu dengan harga 200.000 euro.”

“Untuk menghindari ancaman, sebaiknya pengguna Mac menginstall software keamanan atau antivirus mengingat bahaya nyata yang ditimbulkan oleh paket malware ini meski kebanyakan vendor keamanan versi terakhir kemungkinan belum mengenal malware OSX/Crisis ini,” pernyataan Intego.

OSX/Crisis ini juga memiliki kemampuan untuk mengambil alih komputer Mac milik pengguna dan kemudian akan dikendalikan oleh penyusup. Hal yang paling unik dari trojan OSX/Crisis, ternyata malware ini dibuat oleh perusahaan bernama Remote Control System DaVinci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda