Scroll to Top

Aturan Saat Menimbang Berat Badan

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 30 Jul 2011

Buat yang sedang diet, alat penimbang badan pasti tidak lepas dari program Anda. Pengecekan berkesinambungan diperlukan untuk mengetahui keberhasilan diet.  Tahukah Anda? Dalam memantau berat badan secara kontinyu, ada beberapa aturan yang harus dipatuhi. Tujuannya, untuk mendapatkan besaran nilai berat yang akurat.

  • Gunakan timbangan yang sama

Kalau Anda menimbang dengan beberapa timbangan, akan didapatkan hasil yang mungkin sedikit berlainan. Setiap timbangan mempunyai masa kalibrasi yang berbeda. Oleh karena itu, gunakan timbangan yang sama ketika Anda mengukur berat badan Anda.

  • Letakkan timbangan tersebut di tempat yang sama

Berbeda tempat saat menimbang, menimbulkan hasil yang tidak selalu sama. Karena, tiap tempat mempunyai perbedaan pada suhu, tekanan udara, kelembaban udara, dan gaya tarik bumi. Sehingga, disarankan untuk mengecek berat badan Anda pada tempat dan alat timbang yang sama dalam setiap pengukuran.

  • Menimbang pada waktu yang sama

Maksudnya, Anda bisa memilih untuk menimbang di waktu pagi, siang, sore, atau malam. Waktu terbaik untuk menimbang adalah pagi sehari selepas bangun dari tidur malam. Idealnya, pengukuran berat badan dilakukan seminggu sekali.

  • Mengenakan pakaian yang sama

Berat bersih tubuh diketahui saat tidak mengenakan pakaian. Oleh karena itu, saat menimbang, usahakan memakai pakaian seringan mungkin untuk memperoleh hasil yang maksimal.

  • Tidak bergerak saat menimbang

Gerakan yang Anda buat sewaktu menimbang bisa menggeser jarum timbangan. Berdirilah dengan tenang saat membaca hasil berat badan Anda.

  • Membuat catatan

Anda perlu mencatat secara kontinyu berat badan Anda untuk membantu ingatan. Catatan ini bisa ditempelkan dekat alat timbang atau mana pun yang Anda suka. Sertakan pula tulisan tentang tips menurunkan berat badan untuk menyemangati diet Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda