Scroll to Top

Pengguna Internet Explorer Cenderung Memiliki IQ Rendah

By Ivan Azzam / Published on Saturday, 30 Jul 2011

Ada penelitian menarik baru-baru ini mengenai browser dan tingkat kecerdasan (IQ), dan hasilnya tidak begitu menggembirakan bagi pengguna Internet Explorer dari Microsoft, terutama versi lamanya.

Penelitian ini bernama “Intelligence Quotient (IQ) and Browser Usage” yang dilakukan perusahaan Kanada AptiQuant, menyusun skor tes IQ dari 101.326 responden yang berumur lebih dari 16 dan membaginya berdasarkan browser yang mereka gunakan.

Hasilnya mengagumkan. Dikutip dari Mashable, pengguna IE 6 memiliki IQ rata-rata kurang dari 80, pengguna Firefox dan Chrome lebih baik yaitu rata-ratanya sekitar 110, dan pengguna Opera dan Camino boleh berbangga, dengan IQ rata-rata lebih dari 120.

Menarik melihatnya, mengingat justru nilai rata-rata IQ pengguna IE6 lebih tinggi pada 2006, dan nilai IQnya lebih baik dengan versi IE yang lebih baru.

IE6 sudah dikenal di kalangan web developer karena tidak memenuhi standar, dan pengguna merasa IE6 terlalu banyak celah keamanannya. Dari hasil studi ini tentunya akan menambah buruk reputasi IE.

Kesimpulan penelitian ini mengatakan, orang dengan skala IQ rendahnya cenderung menolak melakukan upgrade browser mereka. Logis jika dipikirkan bahwa pengguna dengan IQ yang lebih tinggi, yang selalu update browser mereka suka bereksperimen, memilih variasi software dan versi yang berbeda atau memilih melakukan upgrade demi alasan keamanan.

Maret tahun ini, Microsoft melakukan kampanye agar pengguna IE6 berhenti menggunakannya. Ini membuktikan bahwa pengguna IE6 memang cenderung menolak berhenti menggunakan atau melakukan upgrade, begitulah kesimpulan penelitian ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda