Scroll to Top

Hasil Olimpiade 2012: Spanyol vs Honduras 0-1

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 30 Jul 2012

Spanyol vs Honduras

Hasil pertandingan Spanyol vs Honduras di Grup D Olimpiade London 2012 yang berakhir dengan skor 0-1 membawa nestapa bagi La Furia Roja.

Spanyol yang kalah 0-1 dari Jepang di pertandingan pertama, menurunkan skuad terbaiknya minus Inigo Martinez yang terkena kartu merah. Iker Muniain, sayap ajaib dari Athletic Bilbao, diturunkan sejak awal. Sementara itu, Honduras menampilkan 8 dari 11 pemain inti kala menahan imbang Maroko 2-2.

Diprediksi akan tampil maksimal. Spanyol justru tertinggal oleh serangan manis dari sayap. Honduras unggul cepat di menit 6 melalui penyerang andalan mereka Jerry Bengtson yang sukses menanduk bola umpan Roger Espinoza. Ini adalah gol ketiga Bengtson di Olimpiade London 2012.

Spanyol yang mencoba mengejar ketertinggalan, tampil kurang menggigit. Meski unggul ball possession, upaya mencecar gawang Jose Mendoza tak kunjung berhasil. Termasuk peluang Juan Mata di menit 37 dan di ujung babak pertama.

Ketidaktenangan Spanyol bisa dilihat dari tembakan mereka di 45 menit awal. 6 kali percobaan, cuma satu yang mengancam gawang Honduras; berbanding terbalik dengan tim lawan yang sukses melepaskan 3 tembakan on target dari 4 percobaan.

Perubahan coba dilakukan Luis Milla dengan memasukkan Ander Herrera untuk mengganti posisi Koke. Spanyol lebih agresif dengan melepaskan 4 tembakan hanya dalam 10 menit awal babak kedua. Namun, lagi-lagi dewi fortuna seperti enggan memacari mereka.

Masuknya si nomor 9 Rodrigo menggantikan Isco yang seorang gelandang, terus digunakan untuk mengasah daya gedor La Rojita. Tembakan Iker Muniain membentur tiang sementara tandukan Rodrigo berhasil ditepis oleh Mendoza.

Frustrasi karena tak kunjung mencetak gol dan terpancing oleh aksi para pemain Honduras mengulur waktu, Iker Munian meledak di menit 79. Ia yang meminta Mendoza cepat bangkit, didorong oleh kapten lawan Johnny Leveron. Keduanya mendapat peringatan dari wasit.

Kesialan Spanyol bertambah di menit 82. Rodrigo kembali tidak bisa menghindarkan tandukannya dari mistar gawang menerima umpan Juan Mata.

Menit 89, ketika Rodrigo terjatuh di kotak penalti, para pemain Spanyol berhamburan meminta hadiah tendangan 12 pas dari wasit yang bergeming. Anak-anak muda Spanyol semakin tidak tenang, dan Honduras akhirnya mengamankan kemenangan 1-0.

Buruk untuk La Rojita. Juara Eropa U-21 tahun lalu ini. 24 tembakan mereka tak menghasilkan sebiji gol pun, dan agresivitas mereka dalam dua laga berakhir dengan nol angka.

Spanyol   Honduras
0 Gol 1
6 Tembakan ke Gawang 3
24 Tembakan 7
12 Pelanggaran 13
4 Tendangan Sudut 3
- Offside 4
7 Kartu Kuning 6
- Kartu Merah -
67% Possession 33%

Hasil Pertandingan Grup D

Jepang vs Maroko 1-0 (Kensuke Nagai ”84)

Spanyol vs Honduras 0-1 (Jerry Bengtson ‘7)

Klasemen Sementara Grup D Olimpiade London 2012

No Tim M M S K Gol Bobol Poin
1 Jepang 2 2 0 0 2 0 6
2 Honduras 2 1 1 0 3 2 4
3 Maroko 2 0 1 1 2 3 1
4 Spanyol 2 0 0 2 0 2 0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda