UKG Guru 2012 Online Digelar Hari Ini

UKG 2012

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akhirnya tetap menggelar Uji Kompetensi Guru (UKG) 2012 online pada hari ini, Senin (30/7), walau sebelumnya sempat menuai kecaman bahkan ancaman boikot dari sejumlah pihak. UKG ini akan digelar di sejumlah sekolah dan diikuti oleh para guru PNS maupun non-PNS.

Dilansir dari Kompas, waktu pelaksanaan UKG cukup fleksibel karena dibagi menjadi beberapa gelombang, yaitu dimulai pukul 08.00 – 16.00 WIB dengan durasi waktu sekitar 2 jam setiap gelombangnya. Selain mempertimbangkan masalah waktu, UKG sengaja digelar secara online untuk menghindari praktik perjokian dan kebocoran soal.

Namun tak bisa dipungkiri, walau sudah digelar sosialisasi UKG online, beberapa dari para guru tampaknya tetap merasa grogi dalam menghadapi UKG. Alasannya tentu saja karena gaptek alias gagap teknologi. Untuk mengatasi hal ini, Kemendikbud akan memberi kesempatan bagi para peserta UKG untuk melakukan simulasi singkat selama 30 menit sebelum memulai tes.

“UKG online ini caranya sederhana dan simpel. Para guru tidak kesulitan karena terbiasa juga denganhandphone. Tiap guru akan ada kesempatan untuk uji coba dulu supaya tidak bingung,” ujar Unifah Rosyidi dari Kemendikbud.

UKG ini sendiri sempat menimbulkan kesalahpahaman dan sempat diartikan sebagai ujian yang nantinya akan ada aspek keputusan lulus dan tidak lulus. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, menegaskan bahwa UKG ini murni hanya untuk mengetahui dan memetakan kompetensi guru, sehingga tidak ada hubungannya dengan lulus atau tidak lulus.

“Jika guru nanti dapat nilai baik atau jelek, itu memang iya. Tetapi tidak ada keputusan lulus dan tidak lulus,” katanya.

Setelah rangkaian UKG 2012 online ini selesai diselenggarakan, hasil UKG rencananya akan segera diumumkan pada bulan Oktober 2012 mendatang.

Komentar Anda

Leave A Response