Scroll to Top

Overload, Panitia Olimpiade London Larang Pengguna Ngetweet dan SMS

By Ditya / Published on Monday, 30 Jul 2012

Olimpiade London 2012 Twitter

Panitia Olimpiade London 2012 menghimbau agar pengguna di London untuk tidak ngetweet dan SMS kecuali memang benar-benar diperlukan, mengapa? Sebuah liputan televisi di acara bersepeda gagal akibat jaringan nirkabel overload.

Seorang juru bicara Komite Olimpiade Internasional mengatakan, masalah jaringan itu disebabkan oleh pesan-pesan dan update tweet yang dikirim oleh ratusan ribu fans yang berjajar di jalan-jalan untuk menghibur di tim Inggris.

Panitia Olimpiade London menyalahkan kerumunan orang yang hadir dan menyaksikan acara bersepeda karena mereka terlalu bersemangat untuk ngetweet dan mengirim pesan teks selama perlombaan, dan hal ini lah yang menyebabkan jaringan overload.

Akibat jaringan nirkabel yang overload, maka liputan televisi di acara bersepeda gagal dan hal ini sangat mengecewakan penonton di luar London yang menikmati siaran Olimpiade London melalui televisi.

Hal ini diperparah dengan kemarahan fans Olimpiade yang kurang informasi dan mengungkapkan kemarahannya melalui layanan Twitter.

“Menurut pemahaman saya, salah satu jaringan mengalami kelebihan permintaan, dan OBS (Olympic Broadcasting Services) berusaha untuk menyebarkan beban ke provider lain. Kami tidak ingin menghentikan orang melakukan apa saja dengan media sosial sperti Twitter tapi sebaiknya mereka hanya mengirim update yang dianggap mendesak,” kata Mark Adams, Direktur komunikasi IOC.

Seperti yang dilansir dari Venture Beat kemarin (29/07/2012), terdapat 3 provider resmi Olimpiade 2012 London yaitu BT, Vodafone dan O2. BT telah menyatakan bahwa pihaknya telah menyediakan empat kali kapasitas jaringan dari Olimpiade 2008 di Beijing lalu.

Beberapa pihak berspekulasi bahwa ini bukan terjadi karena overload namun karena kegagalan jaringan, karena operator dan provider telah menyediakan kapasitas yang berlipat-lipat untuk menampung lonjakan trafik data dan pesan teks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda