Scroll to Top

Windows 8 Vs. Mac OSX Mountain Lion, Mana Yang Lebih Baik?

By Ditya / Published on Monday, 30 Jul 2012

Mountain Lion Windows 8

Apple telah mencuri start dengan merilis Mac OSX Mountain Lion beberapa waktu lalu, sedangkan Windows 8 baru akan hadir dan dirilis resmi pada 26 Oktober 2012. Lalu mana yang terbaik dari Mac OSX Mountain Lion dengan Windows 8?

Mac hadir dengan mengadopsi fitur-fitur dari paltform mobilenya, iOS serta tambahan berbagai fitur baru seperti notification centre, keamanan yang lebih baik hingga integrasi yang lebih kuat dengan sosial media.

Windows 8, meski belum dirilis resmi, namun rilis Consumer Preview beberapa waktu lalutelah mendekati versi final dari segi fitur, Windows 8 membawa perubahan yang radikal dan menyeluruh pada Windows 8.

Mashable mencoba membandingkan keduanny, namun tidak secara keseluruhan, hanya berdasarka 4 poin yang dinilai cukup penting bagi pengguna komputer standar atau harian yaitu Sharem Personal Apps, Photos dan Cloud Services.

Share

Mac OSX Mountain Lion memudahkan pengguna untuk berbagai apapun yang ditemukan di internet dengan fitur yang terdapat di browser Safari yang memungkinkan pengguna mengakses menu dropdown untuk berbagi melalu Email, Twitter atau Facebook.

Software Apple Mail mampu bekerjasama dengan baik dengan Safari yang memudahkan pengguna untuk berbagi tautan saja atau seluruh isi halaman web dalam bentuk PDF.

Windows 8 juga tak kalah hebat soal fasilitas share atau berbagi. Windows 8 memudahkan pengguna hanya dengan klik atau sentuhan kemudian Windows 8 akan menyediakan list aplikasi untuk media berbagi termasuk facebook dan Twitter.

Personal Apps

apps osz win 8

Sistem operasi Mac OSX Mountain Lion memiliki berbagai aplikasi personal yang cukup lengkap, menarik dan memiliki fungsi yang baik. Mac OSX Mountain Lion menyediakan berbagai aplikasi seperti iMessages untuk isntant message, Reminder app, Calendar dan Contacts.

Windows 8 juga memiliki Windows Live Messenger dan Facebook untuk bersaing dengan iMessages. Namun kali ini Apple terlihat lebih lengkap dan superior dibanding Windows 8.

Photos

Apple selalu menyertakan aplikasi bernama iPhoto. iPhoto sendiri adalah software foto organizer dan editor foto standar yang memiliki kemampuan untuk mengimpor foto dari perangkat mobile dang mengekspornya ke layanan seperti Flickr dan Facebook.

Windows 8 juga menghadirkan aplikasi Photo. Aplikasi ini menampilkan semua foto yang tersimpan di komputer dan memiliki kemampuan untuk mengunggahnya ke Facebook atau menyimpannya di layanan cloud SkyDrive.

Layanan Cloud

cloud mac win 8

Mac OSX Mountain Lion menyediakan layanan iCloud dan dilengkapi fasilitas sinkronisasi foto, kontak, kalender dan sebagainya. iCloud saat ini masih memiliki beberapa keterbatasan seperti tidak adanya fasilitas sinkronisasi video dan layanan kalendernya tidak dapat di-share seperti layanan lain layaknya Google Calendar.

Windows 8 hadir dengan layanan SkyDrive yang memiliki kelebihan adanya struktur file yang memudahkan pengguna untuk mengaksesnya, hal ini tidak terdapat di Apple iCloud.

SkyDrive ini berfungsi seperti penyimpanan cloud lainnya yang dapat diakses dari mana saja dan menggunakan perangkat apa saja.

Kesimpulan

Kedua sistem operasi tebaru Mac OSX Mountain Lion dan Windows 8 ini masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Keduanya hadir dengan pendekatan yang berbeda untuk menarik pengguna.

Seperti yang dilansir dari Mashable kemarin (29/07/2012), Apple Mac OSX Mountain Lion lebih fokus intuk integrasi kuat dengan berbagai fitur di platform iOS. Sedangkan Windows 8 hadir dengan berubahan yang radikal dengan desain tampilan Metro yang sama sekali baru agar dapat berjalan dengan baik di desktop dan tablet.

Namun tidak dapat disangkal bahwa Mac OSX Mountain Lion ini akan lebih diterima pengguna mengingat sistem operasi ini mengusung banyak fitur baru dengan perubahan tampilan yang minimalis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda