Scroll to Top

Mengenal Aneka Jenis Kurma Populer

By C Novita / Published on Monday, 30 Jul 2012

jenis kurma

Kurma adalah salah satu jenis buah yang paling laris kala bulan puasa seperti saat ini. Namun tahukah Anda bahwa kurma ternyata ada lebih dari 100 jenis yang populer di konsumsi di seluruh dunia.

Macamnya adalah kimri (muda), khalal (ukuran penuh), ruthab (setengah matang), dan tamr, yaitu jenis yang matang berwarna coklat karamel, dikeringkan dengan sinar matahari, serta paling banyak beredar dan disukai.

Jenis kurma yang populer di dunia adalah;

  • Kurma Ajwa. Kurma ini konon merupakan jenis buah kurma yang menjadi kesukaan Nabi Muhammad SAW, dan jika bulan Ramadhan paling banyak dicari orang. Kurma ini tak begitu manis, warnanya cenderung kehitaman, dan bentuknya bulat besar, mirip kismis. Banyak tumbuh di Medinah.
  • Kurma Amir Hajj. Kurma jenis ini banyak tumbuh di daerah Irak, struktur kulit dagingnya tebal namun lembut. Kulit luarnya mulus, tak keriput.
  • Kurma Holwah / Halawi. Kurma ini rasanya sangat manis, lebih dari jenis kurma lain.
  • Kurma Medjool. Ukuran buah kurma medjool lebih besar, bentuk oval, daging tebal berwarna coklat muda. Ukurannya ada yang mencapai 10 cm. Umumnya tumbuh di Amerika Serikat dan dijuluki ‘Berlian Kurma’ karena besarnya.
  • Kurma Khadrawy. Ini adalah jenis buah kurma kesukaan warga Arab Teluk alias Irak. Dalam bahasa Arab, khadrawy artinya hijau. Saat matang atau tua, kurma ini berwarna sangat gelap.
  • Kurma Thoory. Kurma Thoory berwarna coklat mirip karamel kemerahan, dan disukai warga Aljazair. Kulitnya keriput saat telah diawetkan, dan rasanya manis sedikit pedas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda