Scroll to Top

Microsoft: Tablet Surface Akan Hadir Bersamaan Dengan Rilis Windows 8 26 Oktober

By Ditya / Published on Monday, 30 Jul 2012

microsoft-surface

Microsoft mengatakan bahwa tablet Surface besutannya akan hadir bersamaan dengan peluncuran Windows 8 pada 26 Oktober mendatang. Kehadiran tablet Surface ini sempat menuai kontroversi dan kecaman dari partner-partner Microsoft.

“Sistem operasi versi terbaru dari kami, Windows 8 akan tersedia secara umum pada tanggal 26 Oktober 2012. Pada saat peluncuran Windows 8, kami juga akan mulai menjual tablet Surface, sebuah produk yang didesain oleh Microsoft dan diproduksi oleh peodusen hardware,” kata Microsoft.

Rilis tablet Surface yang bersamaan dengan peluncuran Windows 8 ini hanya berlaku pada tablet Windows RT yang menggunakan prosesor ARM, sedangkan Surface dengan Windows 8 Pro yang ditenagai oleh Intel Ivy Bridge akan hadir 90 hari kemudian.

Kehadiran tablet Surface besutan Microsoft ini sempat menuai kecaman dari partner-partner Microsoft seperti Acer dan HP, bahkan HP memutuskan untuk tidak meluncurkan tablet Windows RT.

Acer sendiri mengecam Microsoft atas hadirnya tablet Surface ini dan menganggap Microsoft mulai mengadopsi gaya Apple, Acer juga menambahkan bahwa Microsoft akan gagal jika meniru gaya Apple.

Kemarahan partner Microsoft ini memang beralasan, karena hadirnya tablet Surface ini akan tidak akan berpengaruh terhadap iPad namun malah akan merugikan partner Microsoft.

Tablet Surface berbasis Windows RT akan ditenagai oleh prosesor Nvidia Tegra 3 quad-core dengan grafis GeForce ULP sedangkan tablet Surface Windows 8 Pro akan menggunakan prosesor x86 dari Intel generasi Ivy Bridge.

“Harga eceran yang disarankan akan diumumkan dalam waktu dekat serta kehadirannya diharapkan dapat bersaing dengan tablet ARM lain yang setara atau Intel Ultrabook kelas PC,” kata Microsoft dalam sebuah pernyataan.

Seperti yang dilansir dari CNET (29/07/2012), tablet Surface Windows RT akan dibandrol dengan harga antara USD $500-$600 sedangkan Surface berbasis Windows 8 Pro mencapai USD $1000 atau lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda