Scroll to Top

Browser Opera Capai 200 Juta Pengguna Aktif

By Ditya / Published on Tuesday, 31 Jul 2012

Opera Mini

Jumlah pengguna browser Opera terutama Opera Mobile dan Opera Mini tampaknya terus tumbuh. Browser asal Norwegia ini dikabarkan telah mencapai 200 juta pengguna aktif per bulan diseluruh dunia.

Di ranah komputer desktop, browser berlambang huruf “O” berwarna merah ini memang kurang populer, namun di pasar perangkat bergerak, nama Opera Mini dan Opera Mobile cukup populer.

Opera Software selaku pembuat browser Opera telah merilis laporan penggunan mobile web yang menggunakan produk Opera di lebih dari 50 negara.

Dari 200 juta pengguna aktif, Opera Mini menguasai 92% dari seluruh pengguna atau sekitar 183 juta pengguna aktif. Opera Mini sendiri adalah browser yang dirancang untuk ponsel non-smartphone atau ponsel Java.

Pengguna browser Opera Mini sendiri menyumbang sekitar 115 miliar tampilan halaman web pada tahun 2012 yang mengalami peningkatan signifikan yaitu 55% dari tahun ke tahun.

Browser Opera Mobile hanya menyumbang 8% dari total pengguna aktif dengan jumlah pengguna aktif mencapai 17 juta. Opera Mobile adalah browser yang dirancang untuk smartphone seperti BlackBerry, Android, Symbian dan iOS.

Perkembangan browser Opera Mini meningkat pesat di Afrika dan menempatkan situs jejaring sosial Facebook sebagai situs yang paling sering dukunjungi di Afrika.

Seperti yang dilansir dari CNET (30/07/2012), hal ini wajar mengingat jaringan internet di Afrika masih sangat lambat sehingga memerlukan browser yang cepat dan memiliki kompresi tinggi.

Opera Mini sendiri adalah browser ponsel yang memiliki kemampuan kompresi data yang luar biasa, hingga 90 persen, sehingga hemat bandwith dan sangat cocok untuk koneksi yang sangat lambat.

Sejak revolusi 2011 di Libya, Opera mengatakan bahwa negara Afrika utara telah mengalami pertumbuhan yang cepat di setiap negara dari segi jumlah pengguna, tampilan halaman dibuka serta konsumsi data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda