Scroll to Top

Manchester United Terjerat Utang, Saham Klub Ditawarkan ke Amerika Serikat

By Naqib Najah / Published on Tuesday, 31 Jul 2012

Manchester United sedang dililit hutang, manajemen klub pun berniat menawarkan sahamnya ke Amerika Serikat dengan nilai maksimal 3,3 milliar dollar AS.

Setahun yang lalu, Manchester United berniat mencatatkan sahamnya di Hongkong dan Singapura namun berakhir dengan kegagalan. Dan kemarin hari, Senin (30/7) waktu setempat, Manchester United mengumumkan akan menjual sahamnya ke negeri Paman Sam.

The Red Devils masih berjuang melawan tekanan utang yang sedang melanda klub, yakni tepat setelah diakuisisi keluarga Marcolm Glazer dari Florida tahun 2005 silam. Manchester United dan keluarga Glazer akan menjual separuh saham perdana.

Hasil penjualan utang tidak lain akan dialokasikan untuk menambal utang. Sementara dominasi keluarga Glazer akan tetap diutamakan. Keluarga kaya raya itu akan tetap menjadi pemegang saham utama, setelah melepaskan 89,8 persen saham kelas A dan B.

Banyak orang menilai, proses penawaran saham Manchester United kali ini minim publikasi, sehingga akan sulit bersaing di pasar AS mengingat gencarnya publikasi yang dilakukan klub olahraga lain. Sementara sepakbola belum menjadi olahraga favorit di AS.

Para investor banyak yang menyangsikan laporan keuangan Manchester United. Pada tahun 2011, The Red Devils diperkirakan meraup sebesar 315-320 juta pound, turun sekitar 3 persen hingga 5 persen dari tahun sebelumnya. Diklaim faktor utamanya adalah penjualan tiket dan iklan yang sama-sama turun.

Dalam kondisi yang berbeda, pengeluaran runner up Premier League musim 2011/2012 itu naik hingga 4 sampai 5 persen. Hal paling utama adalahpenambahan gaji pemain dan staf.

Klub ini hanya meraup keuntungan sebesar 27-29 juta pound.

“Akan sukar untuk menjustifikasi rasio yang sedemikian besar bagi sebuah perusahaan yang harus menghasilkan banyak uang untuk sukses,” tegas Ken Perkins, seorang analis Morningstar.

Rabu besok, Manchester United akan memulai penawarannya. Rencananya, klub tersebut tidak hanya bergelirya di Amerika Serikat, namun juga di Eropa dan Asia secara umum.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda