Scroll to Top

Lockitron: Tak Perlu Kunci Untuk Buka Pintu

By Admin / Published on Sunday, 15 May 2011

LockitronPernah membayangkan sebuah masa dimana kita hanya butuh smartphone untuk mengendalikan semua perangkat di rumah? Mulai dari menyalakan lampu, TV sampai membuka pagar & jendela. Sepertinya masa tersebut telah semakin dekat dengan diluncurkannya sebuah gadget sebagai pengganti kunci tradisional.

Lockitron, nama perangkat itu, berniat untuk menggantikan kunci rumah dengan memungkinkan kita untuk membuka/menutup kunci pintu langsung dari telpon genggam, cukup dengan menginstall aplikasi Lockitron di smartphone.

Satu set Lockitron terdiri dari sebuah plug server dan kabel ethernet yang tersambung langsung ke rumah kunci elektronik. Smartphone bisa berkomunikasi langsung dengan server tersebut melalui antarmuka aplikasi maupun website yang berarti bahwa Anda bisa mengunci pintu rumah dari manapun, selama bisa terkoneksi dengan internet.

Lockitron IphoneLockitron juga mempunyai fitur komunikasi paling canggih saat ini, yaitu NFC (Near Field Communication) yang telah tersedia di Nexus S (smartphone besutan Google) maupun iPhone 5 yang masih akan diluncurkan Apple. Dengan NFC, Anda cukup menempelkan smartphone berdekatan dengan perangkat Lockitron yang terpasang di pintu, tanpa perlu internet.

Disamping Lockitron juga tetap memperbolehkan penggunaan kunci manual, keuntungan ganda yang diperoleh jika menggunakan Lockitron yaitu semua data ter-enkripsi di dalam cloud (online server). Sehingga tidak sembarang orang bisa memiliki akses. Kita bisa saja membuat key untuk dibagikan dengan keluarga atau teman untuk tetap bisa mengontrol Lockitron.

Mulai sekarang tidak perlu kuatir apabila lupa mengunci pintu saat berangkat kerja atau berangkat ke kampus. Cukup dengan mengunci via smartphone. Harga yang ditawarkan berkisar antara $295 sampai $500. Buat yang masih penasaran, simak videonya berikut:

[youtube mQCJgx_kofo]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda