Scroll to Top

6 Hal yang Bisa Membuat Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

By C Novita / Published on Tuesday, 31 Jul 2012

sistem kekebalan tubuh menurun

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi akan membuat Anda tak mudah diinfeksi oleh penyakit yang disebabkan oleh virus semisal pilek, flu, dan herpes. Namun adakalanya Anda tak sadar melakukan beberapa hal yang justru memicu turunnya sistem kekebalan tubuh.

Dikutip dari situs prevention, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat membuat daya tahan tubuh atau sistem kekebalan tubuh menurun;

  • Menyendiri dari lingkungan

Lingkungan sosial ternyata berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Penelitian menyebutkan bahwa otak manusia akan dibanjiri oleh sejenis zat kimia pemicu rasa cemas jika ia tak memiliki lingkungan sosial dimana ia diterima dan bersosialisasi. Seseorang yang memiliki lebih dari 6 koneksi, sistem kekebalan tubuhnya lebih kuat 4 kali dalam melawan virus flu dari pada seseorang yang koneksi pertemanannya kurang dari 6.

  • Kurang tidur

Sistem kekebalan tubuh pun bisa berkurang jika seseorang kurang tidur. Saat seseorang kurang istirahat, maka jumlah sel yang berfungsi melawan penyakit akan berkurang jumlahnya. Sel antibody ini dibentuk saat seseorang tidur di waktu malam hari. Jika kuantitas tidur kurang dari 6 jam per hari, maka siap-siap saja penyakit akan mudah menyerang.

  • Pesimis

Percaya atau tidak, sikap pesimis atau selalu memandang negatif semua hal, akan membuat sistem kekebalan tubuh turun. Ini karena biasanya orang pesimis mudah stress, tak bersemangat memandang hidup, yang berakibat menurunnya sistem kekebalan tubuh. Jadi, bersikap optimis akan lebih baik sebab ketahanan tubuh turut meningkat.

  • Sering menggunakan barang-barang publik

Menggunakan barang-barang umum akan membuat perpindahan virus dari berbagai penyakit akan mudah tersebar. Dan ini mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda juga.

  • Tak pernah olahraga

Olahraga dapat merangsang produksi dan sirkulasi sel darah putih yang membantu tubuh melawan penyakit. Karenanya, berolahraga secara teraturlah jika tak ingin punya tubuh lemah dan mudah sakit.

  • Terlalu serius

Serius memang diperlukan, namun bukan berarti seluruh waktu Anda harus serius. Tertawa dan bersikap rileks sesekali harus juga Anda lakukan agar stress jauh dari kehidupan Anda. Ingat, hormon stress dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, dan membuat Anda mudah sakit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda