Scroll to Top

Download Aplikasi Android Gratis Sembarangan Beresiko Terjangkit Malware

By Ditya / Published on Tuesday, 31 Jul 2012

Android Malware

Download aplikasi gratis secara sembarangan pada platform Android dapat meningkatkan resiko terjangkit malware atau disusupi adware, hal ini diungkapkan oleh perusahaan keamanan yang berbasis di San Fransisco, Lookout.

Android saat ini memang sistem operasi mobile paling populer saat ini, sehingga wajar pembuat malware dan adware mengarahkan serangannya ke Android.

Tak hanya itu, banyaknya aplikasi gratis membuat pengguna Android menjadi tidak berhati-hati dalam men-download dan menginstall aplikasi ke ponselnya tanpa diteliti asal-usul dan fungsinya terlebih dahulu.

Google Play Store sebagai penyedia resmi aplikasi Android pun tak luput dari resiko malware, filter yang kurang ketat membuat beberapa malware lolos dan di-downoad oleh pengguna.

Seperti yang dilansir dari CNET (30/07/2012), tak hanya malware yang bersifat merusak, resiko adware pun juga mengancam perangkat Android. Adware sendiri adalah aplikasi yang sengaja dibuat untuk keperluan iklan dan spam.

Menurut Lookout, sekitar 5% dari pengguna Android telah disusupi adware karena menginstall aplikasi gratis secara sembarangan. Angka ini mungkin terlihat kecil, namun Lookout mengatakan akan terjadi peningkatan secara signifikan seiring meningkatnya jumlah aplikasi gratis yang disusupi adware.

Adware mungkin tidak terlalu beresiko seperti malware atau trojan, namun kehadiran adware ini cukup mengganggu dan adware mampu memberikan informasi pengguna kepada pihak ketiga.

Tak hanya itu, malware Android terus meningkat seiring meningkatnya popularitas platform besutan Google ini. Lookout menghimbau pengguna untuk men-download dan menginstall aplikasi yang benar-benar dibutuhkan dan jelas asal-usulnya.

Berbeda dengan Android, malware dan adware di Apple iOS jauh lebih sedikit hal ini disebabkan karena Apple menerapkan filter yang ketat terhadap aplikasi yang masuk ke App Store dan membatasi aplikasi gratis untuk lolos .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda