Scroll to Top

10 Tips Tingkatkan Performa Google Plus Anda

By Aisyah Indarsari / Published on Sunday, 31 Jul 2011

Sudah punya akun Google Plus? Anda menikmatinya? Jika belum, coba beberapa tips dan trik berikut, agar interaksi Anda dengan platoform sosial media baru milik Google ini lebih mengasyikkan.

Seperti yang dikutip dari pcworld.com, tips dan trik ini dibagi berdasarkan kategori fitur yang ada dalam Google Plus. Berikut yang bisa Anda mulai coba:

Stream

1.       Gunakan hotkeys untuk mengoperasikan Google+ lebih cepat. Pada fitur Stream Anda, cukup tekan huruf “j” atau “k” pada keyboard untuk pindah dari satu post ke post yang lainnya. Jika Anda ingin memberikan comment, tinggal tekan Enter. (Dengan menekan tombol Tab sekali, dan kemudian diikuti dengan tombol Enter, akan memunculkan comment yang baru saja Anda buat; sebaliknya, comment tersebut akan dibatalkan jika Anda menekan tombol Tab sebanyak 2 kali, lalu kemudian Enter.) Anda juga bisa menekan huruf “q” untuk langsung aktif ke Google+ chat box Anda.

2.       Penasaran dengan hotkeys lainnya? Anda bisa download G+ Extended extension untuk Chrome Web browser. Anda akan menemukan banyak fitur didalamnya, termasuk hotkeys untuk memberikan +1 pada posts yang Anda suka, sharing post, dan mengatur comment Anda.

3. Jika Anda merasa comment pada Stream Anda sudah mulai kelewat batas, cobalah +Comment Chrome extension. Tool ini bisa menyembunyikan semua comment sehingga Anda dapat melihat hanya jika Anda klik untuk membuka isi konten nya. Pilihan terbaik lainnya adalah G+me Google+ extension; tool ini secara default tetap menampilkan seluruh comment Anda, akan tetapi Anda tetap diberi button khusus untuk menyembunyikan post tertentu yang ingin Anda sembunyikan. Jadi tidak perlu semua comment di hide kan?! Ditambah lagi, Anda akan tetap dapat notifikasi jika ada aktifitas baru pada comment yang Anda sembunyikan tadi.

Circle

1.       Format Google+ Circles default Anda akan selalu muncul diatas konten yang lain. Untuk mengakali hal tersebut, buat Circle baru untuk menggantikan yang default (contohnya mengganti “My Acquaintances” dengan “Acquaintances,” juga yang lainnya). Pastikan untuk memindahkan teman-teman dalam default Circle Anda ke Circle yang baru tadi, kemudian hapus default Circle yang lama.

2.       Untuk meng-copy seluruh isi Circle ke Circle yang baru, klik Circle yang pertama dan pilih “View circle in tab.” Kemudian pilih “More actions” dan “Select all.” Kemudian, pindahkan semua isi grup ke Circle yang baru. Hanya semudah itu saja!

3.       Ganti layout halaman Circles Anda dengan meng-klik dan memindahkan garis pembatas/divider line ke atas atau ke bawah diantara Circle dan People. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan space lebih di kedua sisi line.

People dan Profile

1.       Anda ingin mencari teman-teman baru di  Google+? Bisa saja! Dengan cara mencari berdasarkan topik atau lokasi di search box diatas halaman Google+, Anda akan mendapatkan daftar orang-orang yang memiliki keyword yang Anda tulis tersebut di profilnya.

2.       Atau yang lebih menarik, Anda bisa mencari konten Google+ di search engine Google, hanya dengan mengetikkan “site:plus.google.com” di akhir subjek pencarian Anda. Jika Anda hanya ingin mencari post yang sudah Anda tulis atau share, ketik “site:plus.google.com/[Google ID Anda]”. Jika Anda tidak yakin, Google ID  Anda adalah sederatan angka yang muncul di URL ketika Anda meng-klik profil Anda).

Google Plus dan Web

1.       Perkaya opsi Google+ sharing Anda dengan Extended Share extension untuk Chrome. Tool ini akan memberi Anda tambahan perintah pada tiap post, untuk mengirim kontennya juga ke Twitter, Facebook, LinkedIn, atau Tumblr.

2.        Atau jika Anda ingin selalu mengirimkan update post Google+ Anda langsung ke akun jejaring sosial Anda yang lain, Anda dapat menggunakan RSS baru yang diciptakan untuk Anda. Sebuah service bernama Twitterfeed akan menyalin feed Anda, dan mengirimnya langsung ke akun Twitter dan/atau Facebook Anda. Makin banyak teman di Twitter dan Facebook Anda yang nanti akan follow Anda di Google+.

Nah, tips nomor berapa yang baru bagi Anda? Silahkan share dengan yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda