Scroll to Top

FB Bullying: Awas! Penipuan Facebook Berkedok Aplikasi WhatsApp

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 31 Jul 2012

whatsapp

Aplikasi chatting WhatsApp di Facebook ditengarai digunakan sebagai aksi penipuan atau FB bullying. Bagaimana modus dan cara bekerjanya?

WhatsApp sendiri adalah aplikasi ngobrol online yang diyakini sebagai pesaing kuat BBM-nya Blackberry.

Dan bahkan aplikasi tersebut beberapa kali menduduki tempat terhormat di aplikasi Andorid dan iPhone terbaik di pasar aplikasi masing-masing.

Nah terkait dengan Facebook bullying atau penipuan menggunakan FB, praktisi kemanan internet Alfons Tanujaya menemukan celah tersebut.

Praktisi kemanan internet dari Vaksincom ini berujar jika aplikasi tersebut bukanlah sebuah aplikasi yang sesungguhnya.

WhatSapp Fb Bullying
Ilustrasi

Aplikasi ini hanya meminjam ikon WhatsApp dan justru berwajah dalam sebuah game. Dan celakanya, aplikasi tersebut mengandung malware.

“Aplikasi ini hanya berumur kurang dari 12 jam. Menurut pengamatan Vaksincom, korban terbanyak terjadi di Thailand dan Indonesia,” ujarnya pada DetikInet, Selasa (31/70/12).

Alfons Tanujaya menambahkan jika administrator Facebook bergerak cepat dengan menghapuskan posting yang dilakukan oleh aplikasi jahat tersebut.

Lantas apakah aplikasi WhatsApp gadungan ini bakal menimbulkan kerugian yang berarti bagi mereka yang terlanjur menggunakannya?

Sejatinya tidak. Dan kerugian ini tak akan menimbulkan kerusakan maupun kerugian finansial. Lantas apa yang bakal ‘dicomot’ oleh aplikasi WhatsApp KW tersebut?

Pengemban aplikasi tersebut hanya mengumpulkan dan mengambil data pribadi yang bakal dimanfaatkan pembuatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda