Scroll to Top

Teknologi Siri Apple Dianggap Menjiplak Teknologi Milik Universitas asal Taiwan

By Baihaki / Published on Tuesday, 31 Jul 2012

universitas taiwan

Apple nampaknya masih belum berhenti untuk terus berurusan dengan pengadilan. Dan, yang terbaru adalah urusan antara Apple dengan sebuah universitas dari Taiwan, National Cheng Kung University.

Universitas tersebut mengklaim bahwa teknologi Siri milik Apple yang dirilis bersamaan dengan iPhone 4S memiliki kesamaan dengan teknologi milik mereka. Pihak universitas sendiri mengatakan bahwa Siri memiliki kesamaan dengan teknologi speech recognition yang telah mereka patenkan pada tahun 2002 lalu. Teknologi tersebut sebenarnya merupakan hasil kerja sama antara mahasiswa dengan dosen dari National Cheng Kung University.

Terkait pelanggaran hak paten tersebut, pihak universitas pun meminta agar pengadilan bertindak tegas. Bahkan, mereka mengatakan agar pihak pengadilan melarang penjualan segala hal yang terkait dengan Siri, baik software maupun hardware.

Kejadian yang melibatkan perang paten tentang teknologi Siri Apple bukanlah yang pertama. Sebelumnya, juga terdapat sebuah perusahaan asal Cina yang mengatakan bahwa Siri memiliki kemiripan dengan teknologi yang telah mereka kembangkan.

Siri sendiri sebenarnya bukanlah teknologi yang dikembangkan oleh Apple. Apple yang kala itu dikepalai oleh Steve Jobs melakukan akuisisi terhadap Siri dan kemudian melakukan pengembangan serta menyematkannya pada produk mereka. Berkat Siri, iPhone 4S milik Apple pun menjadi trend setter di pasaran handphone.

Bahkan, tak lama setelah kemunculan iPhone 4S tersebut, banyak handphone-handphone lain yang tampil dengan teknologi serupa. Bahkan, Samsung Galaxy S 3  yang memiliki teknologi super canggih dan banyak diminati oleh para konsumen pun memiliki teknologi mirip Siri, S-Voice.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda