Scroll to Top

iPad Mini Mungkin tak Menggunakan Prosesor Apple

By Baihaki / Published on Tuesday, 31 Jul 2012

ipad mini tidak menggunakan prosesor Apple

Rumor mengenai iPad mini kembali bergulir di internet. Kali ini, rumor tersebut mengatakan bahwa kemungkinan tablet tersebut tidak akan menggunakan prosesor Apple. Seperti diketahui, produk Apple sebelumnya menggunakan prosesor Apple, sebagai contoh iPhone 4S yang memakai prosesor Apple A5 atau new iPad yang datang dengan prosesor Apple A5X.

Rumor tersebut pun cukup beralasan. Dengan ukuran yang lebih kecil serta harga yang lebih miring, menandakan bahwa hardware yang dipakai di dalam perangkat tersebut pun tentu saja berbeda dengan iPad.

Hal utama yang harus diperhitungkan oleh Tim Cook sebagai CEO Apple adalah dalam kualitas baterai. Sebagai sebuah perangkat dengan desain yang mini, tentu saja ukuran baterai pun ikut-ikutan mini. Dengan baterai yang mini, tentu saja berujung pada daya tahan dari baterai.

Prosesor dan modem adalah dua komponen hardware yang banyak memakan tenaga. Namun, hal ini bisa ditutupi dengan menggunakan prosesor low power. Solusi lain adalah dengan mengintegrasikan modem di dalam SoC yang bakal mengurangi tingkat komsumsi tenaga.

Qualcomm adalah perusahaan produsen prosesor yang memiliki desain SoC dengan modem 4G yang terintegrasi di dalamnya. Dan, dengan pertimbangan seperti itu, maka besar kemungkinan Apple lebih memilih prosesor Qualcomm dibandingkan prosesor ARM.  Selain itu, prosesor Qualcomm juga dikenal sebagai prosesor dengan performa tinggi serta prosesor yang paling efisien.

Namun, rumor masih sekedar rumor. Hingga kini Apple memang masih belum mengeluarkan informasi sedikitpun yang membenarkan atau menyalahkan rumor yang beredar di internet. Dan, merujuk pada berita yang mengatakan bahwa iPad mini dan iPhone 5 bakal diluncurkan oleh Apple pada 21 September mendatang. Kita tunggu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda