Scroll to Top

Sunat Dapat Mencegah Infeksi Saluran Kemih

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 31 Jul 2012

khitan

Manfaat sunat atau sirkumsisi pada pria sering dikaitkan dengan kemampuannya untuk lebih baik dalam mencegah penularan penyakit HIV/AIDS. Namun, penelitian yang dilakukan Montreal Children’s Hospital, Canada, menyatakan, sunat juga bermanfaat dalam mencegah terjadinya infeksi saluran kandung kemih pada pria. Pria yang belum diambil kulub atas penisnya, memiliki risiko tinggi mendapatkan penyakit ini.

Penyebabnya berawal dari bagian kulub. Di dalam kulub memungkinkan menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Pria memiliki dua jenis kulub. Yaitu, kulub yang bisa ditarik sehingga kelihatan uretra atau lubang saluran kencing, dan kulub yang hanya bisa memperlihatkan sebagian uretra. Dari pengamatan peneliti, pria yang kulub penisnya memperlihatkan sebagian uretra, lebih tinggi mendapat serangan infeksi saluran kemih. Bakteri lebih mudah bersarang di kulubnya.

Dalam studi ini dilibatkan 400 anak laki-laki. Dari pengamatan terhadap mereka didapatkan, risiko infeksi saluran kemih meningkat sebesar 25 persen pada anak yang belum disunat. Sementara itu, anak-anak yang telah mendapatkan sunat, kemungkinan terkena infeksi ini hanya sekitar 5 persen.

Sebelumnya, ditemukan juga manfaat sunat dalam memperkecil risiko penularan HIV/AIDS di Afrika. Sel-sel Langerhans yang banyak terdapat di kulub bagian dalam, menjadi media dalam penularan virus HIV/AIDS. Ketika seorang pria menjalani sunat, jumlah sel Langerhans berkurang karena adanya pemotongan sebagian kulub. Inilah yang lantas mengurangi risiko penularan, walaupun tidak 100 persen ampuh. Tidak asal bermain seks adalah pencegahan yang lebih aman untuk penularan HIV/AIDS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda