Scroll to Top

PSSI Resmi Tetapkan Semen Padang & Persibo ke LCA & AFC Cup

By Aditya / Published on Wednesday, 01 Aug 2012

PSSI Silver

PSSI akhirnya resmi menetapkan bahwa dua klub Indonesia Premier League (IPL), yakni Semen Padang dan Persibo Bojonegoro, sebagai tim yang akan mewakili Indonesia di kompetisi Asia.

Semen Padang sebagai juara IPL musim 2011/2012 ditunjuk untuk berlaga di Liga Champions Asia (LCA) yang merupakan kompetisi antar klub paling bergengsi di Asia. Sedangkan Persibo Bojonegoro yang menjadi kampiun Piala Indonesia 2012 akan berpartisipasi di AFF Cup.

“Keputusan tersebut sudah kami buat, bahwa Persibo yang akan mewakili Indonesia di Piala AFC, begitu juga dengan Semen Padang,” tandas Saleh Mukadar selaku Deputi Sekretaris Jenderal PSSI Bidang Kompetisi.

Saleh Mukadar menegaskan bahwa klub yang berhak mewakili Indonesia di kompetisi Asia adalah klub yang bernaung di bawah kompetisi resmi dan diakui oleh PSSI serta FIFA dan AFC, yaitu IPL.

Kendati saat ini Komite Gabungan atau Joint Committee (JC) masih membicarakan tentang penyatuan dualisme kompetisi, dan apabila nantinya IPL akan dilebur dengan ISL, lanjut Saleh Mukadar, maka yang berhak mewakili Indonesia tetap klub dari IPL yang berprestasi di musim 2011/2012.

“Yang bisa mewakili Indonesia adalah klub yang berkompetisi resmi di PSSI,” tegas Saleh Mukadar.

“Jika nantinya kompetisi digabungkan, maka wakil ke Asia tersebut berdasar prestasi musim lalu, yaitu Semen Padang selaku juara IPL akan bermain di LCA, sedangkan Persibo yang juara Piala Indonesia akan bermain di Piala AFC,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda