Scroll to Top

UKG Guru Kemdikbud 2012 Online Dinilai Tidak Efektif

By Ika / Published on Wednesday, 01 Aug 2012

UKG Guru

Setelah mengalami kegagalan di hari pertama, Ujian Kompetensi Guru (UKG) 2012 yang dilaksanakan online rupanya masih mengalami kendala yang sama di hari kedua. Hal inipun membuat sejumlah pihak menilai bahwa UKG guru online sangat tidak efektif dan malah merugikan.

“Para guru ini hadir dengan biaya sendiri. Ada yang dari luar kota dan menginap. Kasihan, kan guru ini sudah menjalankan kewajibannya untuk hadir, tetapi tidak bisa ujian karena kendala teknis yang semestinya sudah diperhitungkan jauh-jauh hari oleh pemerintah,” ujar Sulistyo selaku Ketua Umum Pengurus Besar PGRI.

Sulistyo menambahkan bahwa kegagalan UKG ini juga mempengaruhi psikologis guru. Pemberitahuan UKG yang mendadak sudah cukup menambah beban guru, belum lagi para guru yang gagap teknologi pastinya semakin grogi dalam menghadapi UKG.

Beban-beban pikiran itu malah semakin diperparah dengan kendala teknis saat UKG online dilaksanakan. Bahkan, ada guru yang mengaku gagal mengikuti tes karena tidak bisa mengakses internet dan harus mondar-mandir dari satu sekolah ke sekolah lain demi mengikuti UKG online.

“Saya ke SMA 22 Bandung. Tahu-tahu di SMA 22 itu enggak connect internetnya, terus disuruh pindah ke SMA 4 Bandung, tapi ternyata di tempat tersebut juga tidak mendapat koneksi internet,” kata seorang guru SMAN 20 Bandung, Dina Minarti.

Karena berbagai kendala dan dampak negatif inilah, Sulistyo pun akhirnya berharap agar pemerintah mematangkan dulu persiapan UKG agar para guru tidak dirugikan.

“Kok, Kemendikbud sepertinya bernafsu sekali ya menggelar UKG? Niatnya kan baik, tujuannya juga baik. Guru-guru pun paham dan mulai mempersiapkan diri. Tetapi jika tidak disipakan dengan baik, ya guru juga yang rugi,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda