Scroll to Top

Data Pengguna Dicuri, Dropbox Kembali Perketat Keamanan

By Melissa / Published on Wednesday, 01 Aug 2012

Masalah Keamanan Dropbox

Dikutip dari blog resminya, Dropbox mengumumkan bahwa sistem keamanan mereka sempat mengalami masalah.

Aditya Agarwal dari Dropbox mengakui bahwa terjadi pencurian sejumlah password dari ‘situs luar’ sehingga terjadi login ilegal. 

Akun karyawan Dropbox yang ikut dicuri ternyata memiliki dokumen berisi alamat email para pengguna sehingga menimbulkan masalah spam yang langsung diinvestigasi oleh Dropbox.

Dropbox mengatakan bahwa kedepannya akan ada 4 langkah keamanan baru untuk mencegah hal serupa terjadi lagi:

  1. Two-factor authentication. Langkah yang mirip dengan fitur keamanan di Gmail ini akan meminta para pengguna memasukkan kode khusus selain password untuk login.
  2. Tambahan mekanisme otomatis untuk mendeteksi aktivitas mencurigakan.
  3. Laman baru untuk memeriksa aktivitas login.
  4. Permintaan untuk mengubah password, terutama apabila password tersebut terlalu mudah ditebak atau tidak pernah diganti dalam waktu yang lama.

Untuk mencegah terjadinya pencurian data seperti ini, disarankan agar semua pengguna internet menggunakan password yang berbeda untuk masing-masing layanan internet seperti email dan media sosial.

Para pengguna yang menjadi korban pencurian identitas ini telah dihubungi oleh pihak Dropbox dan langsung dibantu dalam menangani keamanan akunnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda