Scroll to Top

Gara-gara Mencekal Akun Wartawan, Twitter Dianggap Anti Kebebasan Berpendapat

By Melissa / Published on Wednesday, 01 Aug 2012

Twitter Minta Maaf Karena Cekal Akun Wartawan Inggris

Akun milik Guy Adams, seorang wartawan asal Inggris yang sering melontarkan tweet pedas terhadap cara NBC menyiarkan Olimpiade, sempat ‘dicekal’ oleh Twitter.

Peristiwa ini terjadi Jumat (27/7) lalu, ketika Adams mencantumkan alamat email kantor milik petinggi NBC, Gary Zenkel.

Dua hari berikutnya, Minggu (29/7), Twitter memblokir akun Adams karena dianggap melanggar ketentuan layanan mereka.

Hari ini, Twitter akhirnya mencabut blokir terhadap akun Adams yang diikuti dengan permohonan maaf secara langsung.

Adams dianggap melanggar ketentuan Twitter yang menyatakan bahwa para pengguna dilarang berbagi informasi pribadi milik orang lain seperti alamat rumah dan email pribadi.

Namun, Adams berkata bahwa alamat email Gary Zenkel yang ia cantumkan merupakan alamat email kantor yang sangat mudah dilacak melalui pencarian di Google.

Hal tersebut akhirnya menempatkan ketentuan layanan Twitter ke dalam zona abu-abu, yaitu apakah alamat email kantor seseorang yang mudah dicari tetap dianggap sebagai informasi pribadi.

Insiden ini tentunya telah mencoreng nama besar Twitter karena layanan microblogging ini sedang menjalin kerjasama dengan NBC dalam rangka Olimpiade London 2012.

Meski sudah meminta maaf, banyak pihak yang menganggap bahwa Twitter lebih mementingkan mitra kerjanya dan tidak lagi mampu menjamin kebebasan berpendapat para penggunanya.

(via ReadWriteWeb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda