Scroll to Top

Julian Assange, Pendiri WikiLeaks Terancam Hukuman Mati

By Ditya / Published on Wednesday, 01 Aug 2012

Washington Meminta Twitter Menyerahkan Tiga Akun Pendukung WikiLeaks

Pendiri situs pembocor rahasia WikiLeaks, Julian Assange dikabarkan terancam hukuman mati oleh pengadilan Wahington dan kini pemerintah Amerika Serikat mengupayakan ekstradisi untuk pria asa Australia ini.

Seperti yang dilansir dari TGDaily kemarin (31/07/2012), Julian Assange saat ini sedang bersembunyi di kedutaan Ekuador di London dalam rangka untuk mencari suaka dari pemerintah Ekuador.

Pendiri WikiLeaks ini mulai bersembunyi di kedutaan besar Ekuador di London sejak 19 Juni lalu dalam agar terhindar dari ekstradisi ke Swedia.

Julian Assange sendiri dijerat kasus tuduhan pelecehan seksual sehingga ia memutuskan untuk bersembunyi dan mencari suaka di kedutaan besar Ekuador sekaligus mengagalkan upaya ekstradisi ke Swedia.

Julian Assange menyangkal tuduhan pelecehan seksual yang ditujukan padanya. Pendiri situs kontroversial ini khawatir jika ia di ektradisi ke Swedia dapat menyebabkan dia dipindah penahanannya ke Amerika Serikat.

Pengacara Julian Assange di Amerika Serikat, Michael Ratner mengatakan bahwa dia yakin bahwa pengadilan Washington diam-diam telah menjatuhkan dakwaan pada Julian Assange dengan ancaman hukuman mati.

Kekhawatiran ekstradisi Julian Assange ke Amerika Serikat ini membuat ibu pendiri WikiLeaks ini khawatir dan bertemu dengan menteri luar negeri Ekuador, Ricardo Patino dalam rangka mempercepat proses suaka politik untuk Julian Assange.

“Sebagai seorang ibu saya takut apa yang akan terjadi pada anak saya kalau dia diekstradisi ke Amerika Serikat di mana dia mungkin dieksekusi atau mungkin disiksa di penjara dan tidak akan menghadapi sidang seperti yang kita telah melihat dengan Bradley Manning,” Christine Assange, Ibu Julian Assange kepada wartawan.

Sementara itu, menteri luar negeri Ekuador, Ricardo Patino mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan analisis yang mendalam atas permintaan suaka Julian Assange dan diharapkan segera memberi keputusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda