Scroll to Top

PSSI: Kompetisi Dua Wilayah Sebagai Solusi Atasi IPL Dan ISL

By Agus Prasetyo / Published on Wednesday, 01 Aug 2012

ISL - IPL

Hingga kini PSSI, KPSI dan Joint Committee masih memikirkan tentang format kompetisi untuk Indonesia mendatang. Seperti yang diketahui bersama bahwa tahun 2011/2012 Indonesia memiliki 2 liga, yakni Indonesian Premier League (IPL) dan Indonesia Super League (ISL).

Lantas apakah kedua kompetisi tersebut akan tetap berjalan di masa mendatang? Dan bagaimanakah format kompetisi yang tepat bagi Indonesia di musim depan?

Hingga kini kedua kubu, yakni Djohar Arifin dan La Nyalla Mahmud Mattalitti masih memiliki pandangan berbeda mengenai format kompetisi musim depan.

Kubu La Nyalla menuturkan, yang berhak menentukan format kompetisi musim depan adalah anggota kompetisi dalam hal ini klub. Untuk itu L Nyalla menyerahkan sepenuhnya ke klub untuk format kompetisi.

“Dimana ditentukannya? Ya di kongres. Ingat, PSSI bukan milik Nyalla maupun Djohar, PSSI milik anggota,” ungkap La Nyalla seperti yang dilansir Beritajatim.

Sementara dari pihak Djohar, Deputi Sekjen PSSI bidang kompetisi Saleh Ismail Mukadar menjelaskan bahwa kemungkinan besar kompetisi musim depan akan dibagi dalam dua wilayah.

“Kira-kira akan dibagi dalam dua wilayah. Sebab kita tahu sendiri, secara geografis, Indonesia lebih luas dari negara di Eropa. Kalau satu wilayah jelas menguras dana,” ungkap Saleh Ismail Mukadar.

Menurut Saleh, saat ini PSSI masih menjalin konsultasi dan diskusi intensif dengan AFC. Saleh sangat optimis Konferdasi Sepakbola Asia itu akan memberi lampu hijau mengenai format dua wilayah untuk kompetisi 2012/2013.

“Kalau pakai dua wilayah, dualisme IPL dan ISL Insya Allah bisa terselesaikan,” harap Saleh.

Masalah penyatuan dualisme masih akan dibahas lebih lanjut di tingkat JC. Itu artinya hingga kini format kompetisi musim depan masih belum jelas.

“Apapun yang terjadi, kita akan berusaha agar dua liga ini bersatu,” janji Saleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda