Scroll to Top

Cara Mengurangi Rasa Nyeri Saat Haid

By C Novita / Published on Wednesday, 01 Aug 2012

nyeri haid

Pernahkah Anda mengalami rasa nyeri, kram, pusing, mual dan berbagai gangguan tubuh lain saat haid sedang berlangsung, ladies? Jika ya, maka pasti hal tersebut dapat mengganggu aktifitas Anda sehari-hari.

Cara mengurangi rasa nyeri saat haid dan berbagai keluhan lain sebenarnya mudah. Berikut ini, diantaranya;

  • Minum yang hangat. Meminum minuman hangat, semisal jahe, susu sapi, dan susu kedelai ternyata dapat meringankan keluhan yang dialami oleh wanita saat haid datang.
  • Kompres. Jika Anda merasa pusing, atau kram perut, maka mengompres bagian tubuh tersebut dengan sebotol air hangat atau handuk hangat akan membantu meredakan rasa sakitnya.
  • Tiduran. Dengan membaringkan tubuh dan rileks, maka syaraf-syaraf yang kaku dan tegang serta menyebabkan pusing atau kram dapat mengendur. Sangga bagian kaki dengan bantal agar peredaran darah lancar dan cairan tubuh tak berkumpul di kaki.
  • Pijat. Dengan melakukan pijatan pada beberapa bagian tubuh yang terasa tegang dan nyeri, maka akan melemaskan syaraf dan ototnya. Selain itu juga akan memberi efek nyaman jika ditambah dengan minyak pijat yang beraroma lembut.
  • Minum obat/jamu. Jamu tradisional seperti kunyit asam mampu meringankan penderitaan wanita saat sedang haid. Cara membuatnya mudah, cukup rebus beberapa jari kunyit yang sudah dikupas, dengan asam jawa dan gula jawa. Jika telah matang, dinginkan dan minum. Jika Anda terbiasa mengkonsumsi obat, maka pastikan dosisnya sesuai dan aman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda