Scroll to Top

Renault dan LG Kerjasama Kembangkan Baterai Mobil Listrik

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 01 Aug 2012

renault fluence

Kemajuan industri mobil listrik yang ramah lingkungan, memaksa berbagai pihak yang terlibat berlomba untuk memberikan produk terbaik termasuk dari sisi baterai. Inilah yang kemudian membuat produsen mobil Ranault dan LG Corp melakukan kerjasama untuk menciptakan baterai generasi tebaru untuk menyuplai tenaga di mobil-mobil besuran Renault. Renult sendiri sudah menyuntikkan baterai buatan LG di mobil listriknya, Twizy, yang memiliki dua kursi penumpang.

Fokus kerja sama ini menitikberatkan pada penciptaan baterai mobil yang lebih tahan lama. Selain itu, dikembangkan juga teknologi agar pengisian baterai berjalan lebih cepat untuk penuh. Rencananya, LG dan Renault akan menempatkan pabrik untuk baterai di di negara Prancis. Kerja sama keduanya diharapkan segera terealisasi pada September tahun ini agar bisa segera melakukan riset  dan menciptakan baterai baru.

Carlos Tavares, Kepala Operasional Renault, mengatakan, dalam proses kerjasama ini juga akan melibatkan Lembaga Penelitian Energi Prancis (CEA). Dan,  Tavares sudah menyatakan kepastian pembangunan pabrik di Prancis meski belum dibeberkan lokasi tepatnya. Demikian tulis Inautonews yang dikutip Antara.

Selain dengan LG, Renault juga rencananya bekerja sama dengan Nissan untuk proyek ini. Nilai investasinya mencapai 4 miliar Euro. Kedua produsen mobil ini meyakini, pangsa mobil listrik bakal tumbuh hingga 10 persen pada tahun 2020 nanti. Dan, harapan mereka, nantinya bisa menguasai ceruk pasar mobil listrik sebanyak 20 persen. Renault sendiri  telah membuat mobil listrik sedan Fluence dan van Kanggo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda