Scroll to Top

Tiga Cara Kilat Usir Mood Buruk

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 01 Aug 2012

bad mood

Mood buruk bisa hinggap setiap saat. Kejadian tidak menyenangkan seringkali membuat suasana hati menjadi tidak nyaman. Akibatnya, menjalani hari terasa cukup hambar dan malas-malasan untuk beraktivitas. Anda sebenarnya bisa membangkitkan suasana hati yang lebih dengan cara yang cukup cepat. Coba saja lakukan cara berikut ini:

  1. Kenakan pakaian yang Anda sukai yang membuat penampilan semakin menarik. Pilihlah warna-warna yang cerah dan nyaman saat dikenakan. Menurut sebuah studi yang dilakukan Karen J. Pine, PhD dari University of Hertfordshire, UK, pakaian yang membuat seseorang percaya diri bisa meningkatkan  suasana hati. Kata Pine, pakaian yang membuat seseorang berkesan sebagai pribadi yang pinter, postif, dan menarik, membuat perilaku pelakunya mengikuti kesan itu. Hal tersebut akhirnya membuat pelakunya lebih bersemangat.
  2. Menyaksikan film yang melankolis. Film yang bercerita tentang kesedihan dan cenderung membuat penontonnya menangis, bisa menjadi obat penawar untuk mood yang buruk. Studi dari Ohio State University’s School of Communication mengatakan, air mata yang keluar saat menonton film sedih, berfungsi sama halnya ketika menangis karena sedang ada masalah. Menangis membuat hati lega dan mengembalikan mood menjadi netral, bahkan lebih baik. Menurut Silvia Knobloch-Westerwick, PhD, sang peneliti, air mata yang dikeluarkan saat menonton film terssedih dapat membuat seseorang lebih menghargai berbagai hal baik dalam hidup.
  3. Mendapatkan ciuman dari kekasih. Perlu Anda ketahui, satu kecupan manis dari orang yang menyayangi Anda, dapat merangsang tubuh mengeluarkan hormon oksitosin. Hormon ini memiliki manfaat sebagai pengurang stres dan pemberi ketenangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda