Scroll to Top

Laptop OLPC XO-1.75 Kini Dilengkapi Fitur Touchscreen

By Ditya / Published on Wednesday, 01 Aug 2012

OLPC XO

Organisasi nirlaba OLPC (One Laptop Per Child) telah menandatangani perjanjian lisensi dengan Neonode untuk menggunakan teknologi touchscreen “MultiSensing” yang akan diaplikasikan pada proyek laptop OLPC XO-1.75 yang nantinya akan mengusung nama Touch XO.

OLPC (One Laptop Per Child) sendiri adalah proyek laptop murah untuk dunia pendidikan yang digagas oleh Nicholas Negroponte. Tujuan dari proyek ini adalah penyediakan laptop yang terjangkau sesuai dengan ide “satu anak, satu laptop” untuk membantu proses pembelajaran di negara berkembang.

Kini OLPC akan segera menghyadirkan OLPC terbaru seri XO-1.75 yang nantinya akan mengusung nama Touch XO yang dilengkapi fitur touchscreen multisensing yang diadopsi dari Neonode.

“OLPC adalah bangga untuk bermitra dengan organisasi yang berbagi teknologi inovatif dan transformatif. Neonode memiliki keahlian di bidang teknik dan desain akan berubah Touch XO, yang menggabungkan fitur terbaik dari laptop dan tablet, menjadi mesin yang inovatif,” kata Rodrigo Arboleda, CEO OLPC.

Touch XO sendiri akan keluar dari pakem yang berbentuk laptop menjadi sebuah perangkat hibrida yang menggunakan layar berukuran 7,5 inci dengan kualitas yang cukup baik sehingga dapat dibaca meski layar berada dibawah sinar matahari.

Layar Touch XO ini dapat berputar 180 derajat dan dapat dilipat menutupi keyboard untuk mengakomodasi modus tablet, ebook atau modus permainan.

Teknologi touchscreen bernama MultiSensing dari Neonode ini membuat Touch XO menjadi sebuah perangkat yang mengambil kelebihan laptop dan tablet dengan biaya yang efisien dan hemat energi.

Seperti yang dilansir dari Tomshardware hari ini (01/08/2012), organisasi OLPC mengklaim bahwa pihaknya telah berhasil menjual sekitar 2,5 juta untuk seri OLPC XO 1.0 dan XO 1.5.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda