Scroll to Top

7 Penyebab Kadar Kolesterol Melesat Tinggi

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 01 Aug 2012

jantung

Kolesterol menjadi penyebab hadirnya penyakit cukup tenar di masa modern ini, yaitu penyakit jantung dan stroke. Kedua penyakit ini membawa angka kematian cukup tinggi. Kolesterol menempatkan diri di pembuluh darah sebagai kerak yang menghalangi kelancaran peredaran darah. Saat jumlahnya menumpuk dan laju darah terhambat, tekanan darah menjadi tinggi dan memicu terjadinya penyakit tersebut.

Untuk itu, perlu sekali menjaga kolesterol dalam darah. Minimal, Anda mesti tahu berbagai pemicu tinggi kadar kolesterol LDL yang menjadi biang keburukan bagi tubuh. Inilah tujuh penyebab kolesterol meninggi kadarnya.

  1. Mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak lemak jenuh. Lemak ini mudah ditemukan dari sumber  hewan. Misalnya daging sapi, daging babi, daging sapi muda, susu, telur, mentega, dan keju yang mengandung lemak jenuh. Makanan yang diolah dengan minyak kelapa, minyak sawit, atau mentega kakao bisa pula mengandung kolesterol jahat.  Seperti pada gorengan, kerupuk, keripik, dan makanan ringan lainnya.
  2. Berat badan berlebih. Kelebihan berat bandan dapat meningkatkan trigliserida dan menurunkan kolesterol HDL  yang dianggap sebagai kolesterol baik. Padahal, kolesterol HDL diperlukan untuk mengatasi jahatnya kolesterol LDL.
  3. Rendahnya aktivitas fisik. Kurangnya aktivitas fisik dimungkinkan dapat meningkatkan kolesterol LDL dan mengurangi HDL. Kolesterol tidak bisa maksimal diproses dalam metabolisme karena tubuh lebih banyak bersantai.
  4. Faktor usia dan jenis kelamin. Kolesterol akan naik saat seseorang mulai menginjak usia 20 tahun. Peningkatan kolesterol pada pria paling tinggi ditemukan saat usia 50 tahun. Sementara pada wanita, kolesterol cenderung rendah hingga mencapai menopause, dan meningkat setelah itu.
  5. Memiliki masalah kesehatan yang berhubungan dengan kolesterol. Memiliki penyakit tertentu, seperti diabetes atau hipotiroidisme, dapat menyebabkan kolesterol tinggi.
  6. Faktor keturunan. Sama halnya dengan kegemukan, kecenderungan memiliki kolesterol tinggi juga bisa muncul dari faktor keturunan. Perhatikan riwayat kesehatan keluarga Anda untuk melihat sejauhmana kolesterol tinggi bisa menurun ke diri Anda.
  7. Kebiasaan merokok. Merokok akan menurunkan kadar kolesterol HDL. Dengan begitu, dominasi kolesterol LDL  makin membahayakan kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda