Scroll to Top

Jim Keller: Desainer Prosesor Apple A4, A5 Dan AMD64 Kembali Ke AMD

By Ditya / Published on Wednesday, 01 Aug 2012

Apple A5

Desainer prosesor Apple A4 dan A5 sekaligus arsitek dari prosesor fenomenal AMD64 atau yang terkenal dengan sebutan AMD K8 atau Athlon 64, Jim Keller, dikabarkan kembali bekerja untuk AMD.

AMD (Advanced Micro Device) produsen kartu grafis dan prosesor ini akhir-akhir ini telah banyak kehilangan insinyur-insinyur berbakat mereka. Carrell KilleBrew dan Eric Demers adalah paling awal meninggalkan AMD.

John Bruno, yang menjabat sebagai AMD System Architect yang bertanggung jawab dengan generasi APU (Accelerated Processing Unit) terbaru yang mengusung nama Trinity ini juga menysul meninggalkan AMD dan menyebrang ke Apple.

AMD saat ini mengalami masa-masa yang berat, di pasar prosesor, posisinya terus terdesak oleh pesaingnya, Intel. AMD pun menelan kerugian yang tak sedikit sehingga memaksa AMD unruk reorganisasi untuk mengurangi biaya operasional.

Angin segar pun bertiup di AMD, John Keller, insinyur prosesor yang dulu pernah bekerja di AMD dan menghasilkan sebuah arsitektur AMD64 (Athlon 64) yang fenomenal dan sempat membuat Intel dengan jajaran prosesor Pentium 4-nya ketar-ketir.

jim Keller
Jim Keller (kanan)

John Keller meninggalkan AMD pada tahun 1999 dan bekerja si Sibyte yang kemudian diakuisisi oleh Broadcom. Pada tahun 2004, Jim Keller bergabung ke PA Semi dan menjabat sebagai Vice President Engineering.

Seperti yang dilansir dari Anandtech (01/08/2012), PA Semi kemudian diakuisisi oleh Apple dan John Keller pun bergabung dengan tim pengembang prosesor Apple dan mendesain prosesor Apple A4 dan A5 yang digunakan di iPad dan iPhone.

Kini Jim Keller meninggalkan Apple dan begrabung dengan AMD. Jim Keller diharapkan dapat membawa prosesor-prosesor AMD kearah yang lebih baik seperti ketika Jim Keller mendesain AMD64 atau Athlon 64 yang fenomenal dan menggetarkan para pesaingnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda