Scroll to Top

Hasil Olimpiade London 2012: Jepang Juara Grup D, Spanyol Terbawah

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 02 Aug 2012

Jepang vs Honduras 0-0

Hasil duel Jepang vs Honduras dalam lanjutan grup D Olimpiade London 2012 berakhir dengan skor imbang 0-0. Hal ini sudah cukup membuat Samurai Biru menjadi juara grup. Sementara itu, pertandingan lain antara Spanyol vs Maroko juga berakhir dengan skor kacamata. Hal yang membuat La Rojita terjerembab di peringkat terbawah grup.

Jepang yang sudah memastikan lolos, tidak menurunkan Hiroshi Kiyotake, Keigo Higashi, dan Takahiro Ohgihara sebagai starter. Sebaliknya, Takashi Usami, gelandang Bayern Muenchen yang dalam dua laga sebelumnya duduk di bangku cadangan, diberi kesempatan.

Kasus yang sama berlaku untuk Honduras. Antony Lozano, penyerang Valencia B yang belum pernah masuk dalam starting XI, diduetkan dengan penyerang tertajam Jerry Bengtson.

Babak pertama, Honduras lebih unggul dalam ball possession. Mereka juga lebih efektif dalam mencari peluang ke gawang Shuichi Gonda. Namun skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Sepanjang babak kedua, upaya kedua tim membobol gawang lawan berakhir pada jalan buntu. Sekaligus mengamankan posisi Jepang dan Honduras masing-masing sebagai juara dan wakil grup D ke perempat final Olimpiade London 2012.

Statistik Pertandingan Jepang vs Honduras 0-0

Jepang   Honduras
0 Gol 0
4 Tembakan ke Gawang 3
11 Tembakan 10
14 Pelanggaran 13
4 Tendangan Sudut 5
- Offside -
- Kartu Kuning 2
- Kartu Merah -
51% Possession 49%

Spanyol vs Maroko 0-0

Sementara itu, di pertandingan yang sudah tidak menentukan lagi bagi Spanyol, La Rojita menurunkan skuad yang sedikit berbeda. Cesar Azpilicueta, bek yang memanaskan bursa transfer musim panas kali ini, dijadikan starter. Demikian pula Inigo Martinez yang sudah selesai menjalani masa hukuman kartu merah, plus seorang Oriol Romeu yang akhirnya masuk sebagai pemain utama.

Namun, menghadapi Maroko yang dimotori pemain Getade, Abdelaziz Barrada, ternyata tidak mudah. Sepanjang babak pertama, kedua tim saling berusaha membongkar pertahanan lawan. Spanyol yang seperti biasa unggul ball possession, tak bisa mencari tembakan ke gawang. Maroko memang lebih banyak melesatkan tembakan, tapi tidak ada yang mengancam David De Gea. Hingga paruh pertama, skor imbang 0-0.

Seperti biasa, Ander Herrera menjadi spesialis pengganti di babak kedua. Namun, masuknya pemain Athletic Bilbao ini belum mampu mengubah keadaan. Maroko yang harus menang untuk lolos, terus berupaya mengetuk gawang La Rojita.

Termasuk aksi Barrada yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan De Gea di menit 61; beruntunglah kiper Manchester United melakukan penyelamatan gemilang. Skor tak berubah, 0-0 hingga babak kedua usai.

Spanyol yang belum mencetak gol dalam dua laga, akhirnya mesti menyerah. Rekor nol gol berlanjut hingga pertandingan terakhir, plus membawa mereka menjadi juru kunci grup dengan poin 1. Sementara, harapan Maroko pun turut melayang kala wasit Benjamin Williams meniup peluit penghabisan.

Statistik Pertandingan Spanyol vs Maroko 0-0

Spanyol Maroko
0 Gol 0
5 Tembakan ke Gawang 1
13 Tembakan 10
12 Pelanggaran 9
9 Tendangan Sudut 7
3 Offside 6
2 Kartu Kuning 1
0 Kartu Merah 0
58% Possession 42%

Klasemen Akhir Grup D

No Tim M M S K Gol Bobol Poin
1 Jepang 3 2 1 0 2 0 7
2 Honduras 3 1 2 0 3 2 5
3 Maroko 3 0 2 1 2 3 2
4 Spanyol 3 0 1 2 0 2 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda