Scroll to Top

Terapi Pedas Sembuhkan Sariawan

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 31 Jul 2011

Ada mitos yang cukup santer di masyarakat soal penyembuhan sariawan. Yaitu, menggunakan rasa pedas untuk melawannya. Mitos ini ada yang menganggap benar, dan ada pula yang menyanggahnya.

Menurut pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Ir Ali Khomsan MS. M, ternyata cara tersebut ada benarnya. Sariawan dapat diatasi dengan mengonsumsi masakan pedas. Rahasianya terletak pada cabai yang dimasukkan dalam olahan masakan.

Cabai mengandung vitamin C yang tinggi. Selain itu, ditemukan pula kandungan betakaroten atau provitamin A. Kadar vitamin C pada cabai ini mengalahkan ikan segar, menurut sebuah penelitian.

“Makanan pedas umumnya memiliki vitamin C yang memang sangat bagus untuk menghindari, bahkan mengobati seseorang yang sedang mengalami sariawan,” kata Ali, seperti dikutip MSN News.

Barangkali bagi sebagian orang sulit mengonsumsi masakan pedas. Karena, ketika mengenai bintik sariawan biasanya menimbulkan sensasi perih. Tidak semua orang bisa melakukannya. Tapi bagi penggemar pedas, rasa perih tersebut mungkin bisa ditahan sejenak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda