Scroll to Top

Hasil Sepakbola Olimpiade 2012: Britania Raya vs Uruguay 1-0

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 02 Aug 2012

Britania Raya vs Uruguay

Melalui hasil Britania Raya vs Uruguay dengan skor 1-0 dalam pertandingan terakhir Grup A cabang sepakbola Olimpiade 2012, tuan rumah berhasil menjadi juara grup dan lolos ke babak berikut. Sementara, Uruguay yang dimotori oleh Luis Suarez dan Edinson Cavani tenggelam.

Pelatih Stuart Pearce menurunkan pemain terbaiknya dalam laga ini, minus Ryan Giggs. Seperti yang diprediksikan, Daniel Sturridge yang pada laga kedua tidak diturunkan penuh, mendapatkan kesempatan untuk tampil sebagai starter bersama Craig Bellamy. Sementara, Uruguay yang berburu kemenangan untuk lolos, menggunakan duet Cavani-Suarez untuk menggoyang gawang Jack Butland.

Britania Raya lebih aktif sepanjang 45 menit awal, sementara pasukan Oscar Tabarez tetap bertahan sesuai dengan gaya mereka yang mengandalkan serangan balik cepat.

Ancaman dimulai pada menit 3 ketika Bellamy sukses mengirimkan umpan silang ke kotak penalti; sayang Sturridge tidak dalam posisi ideal. Sebaliknya, Luis Suarez membutuhkan 30 menit untuk melepaskan tembakan yang bisa diblok oleh Micah Richards.

Gol yang ditunggu-tunggu pun hadir di ujung babak pertama. Aksi Scott Sinclair di sisi kiri pertahanan Uruguay dilanjutkan umpan pada Joe Allen. Sang pemain bernomor punggung 8 kemudian mengirimkan bola ke kotak penalti, yang disambar dengan baik oleh Daniel Sturridge. Gol ini sekaligus menutup babak pertama.

Paruh kedua, Uruguay harus membalas gol. Namun, peluang Luis Suarez di menit 53 terbuang percuma. Tinggal berhadapan dengan Butland, penyerang Liverpool memilih untuk menyorongkan bola. Ketika ia gagal pada percobaan kedua dan Cavani hadir, tembok Britania Raya sudah berdatangan untuk mengakhiri kemelut di depan gawang.

Keberuntungan semakin menjauh ketika Suarez melepaskan tembakan yang bisa ditepik Butland di menit 63. Cavani ada untuk melakukan rebound. Namun, tembakannya hanya menghajar sisi gawang Britania Raya.

Britania Raya yang tetap lebih dominan di babak kedua, juga beberapa kali mengancam gawang Martin Campana. Termasuk tembakan Sturridge di menit 86 setelah meliuk mencari celah. Beruntunglah wakil CONMEBOL memiliki Campana yang begitu sigap memblok tendangan pemain Chelsea.

Ketika tembakan Gaston Ramirez di penghujung waktu membentur tiang, ditambah tendangan bebas Luis Suarez yang masih bisa diamankan Butland, maka berakhirlah sudah mimpi Uruguay. Skor akhir 1-0 cukup untuk membawa Britania Raya

Britania Raya   Uruguay
1 Gol 0
6 Tembakan ke Gawang 6
12 Tembakan 20
12 Pelanggaran 13
6 Tendangan Sudut 3
0 Offside 2
2 Kartu Kuning 5
0 Kartu Merah 0
63% Possession 37%

Hasil Pertandingan Grup A

  • Britania Raya vs Uruguay 1-o (Daniel Sturridge ’45+1)
  • Senegal vs Uni Emirat Arab 1-1 (Moussa Konate 49/Ismaeil Matar ’21)

Klasemen Akhir Grup A

No Tim M M S K Gol Bobol Poin
1 Britania Raya 3 2 1 0 5 2 7
2 Senegal 3 1 2 0 4 2 5
3 Uruguay 3 1 0 2 2 4 3
4 UEA 3 0 1 2 3 6 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda