Scroll to Top

UKG Kemdikbud Online 2012 Gunakan Soal Ujian Tak Bermutu

By Ika / Published on Thursday, 02 Aug 2012

UKG

Uji Kompetensi Guru atau UKG Kemdikbud online yang digelar mulai 30 Juli 2012 lalu diwarnai kendala teknis sejak hari pertama. Bagaimana dengan mereka yang berhasil mengikuti UKG? Walau tidak terkendala macetnya koneksi internet, rupanya tak sedikit yang kemudian mengeluhkan bobot soal UKG yang dinilai tak bermutu.

“Soal yang diujikan tidak berkualitas. Terlalu umum, sangat teoritis. Bahkan, soal pun banyak salah ketik dan tidak sesuai dengan kaidah bahasa (EYD),” ujar Retno Listyarti selaku¬†Sekretaris Jenderal Federasi Guru Seluruh Indonesia (FGSI).

Retno lantas membeberkan bahwa cukup banyak soal UKG yang ‘cacat’ sehingga menyulitkan para guru. Misalnya saja soal yang tidak jelas, tidak tersedianya jawaban yang benar pada pilihan jawaban, ada pula soal yang harus merujuk pada tabel atau gambar tapi tabel atau gambar tersebut malah tidak muncul dalam soal.

Dari banyaknya soal-soal yang tidak berbobot inilah, Retno pun mulai mempertanyakan bagaimana sebenarnya cara pemerintah mempersiapkan soal-soal ujian tersebut.

“Dari 70 soal pengetahuan, ada sekitar 50 soal yang salah. Bahkan, ada soal dan pilihan jawaban mengenai teks bacaan, tapi tidak ada teks bacaannya,” kata Retno. “Rekruitmen penulis soal ini akan kami pertanyakan mekanisme dan kriterianya.”

Sementara itu keluhan yang sama juga dikemukakan oleh Emanuel Sri Joko, salah satu guru di SMP Marsudirini Bekasi yang juga berhasil mengikuti UKG. Namun beliau mengungkapkan bahwa soal ujian yang harus ia kerjakan adalah soal SMA dan soal tersebut ternyata tidak lengkap.

“Saya dapat soal SMA, isi soalnya nggak jelas. Ada yang satu halaman satu soal, diminta memerhatikan tabel, tetapi tabelnya tidak ada,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda