Scroll to Top

5 Kiat Untuk Meningkatkan ‘Engagement’ di Facebook

By Melissa / Published on Thursday, 02 Aug 2012

5 Kiat Untuk Meningkatkan 'Engagement' di Facebook

Engagement‘ atau ‘keterlibatan’ sangat penting di Facebook. Meski Anda sudah memiliki ratusan teman ataupun memiliki ribuan penggemar, jika tidak ada pengguna yang aktif berinteraksi dengan Anda, bisa dibilang Anda kurang eksis di Facebook.

Seperti dilansir dari Social Media Today, Track Social baru saja mengadakan studi tentang aktivitas Facebook, mengumumkan beberapa temuannya untuk meningkatkan ‘engagement‘ di Facebook:

1. Persingkat judul atau keseluruhan konten tulisan Anda

Usahakan Anda menuliskan konten di bawah 100 karakter. Dengan begini, pesan Anda akan tersampaikan dengan jelas dan tidak bertele-tele.

2. Perbanyak gambar

Dari hasil studi ditemukan bahwa gambar lebih banyak memancing like dan komentar dibanding status dan video hingga 4 kali lipat. Foto lebih mudah ‘dicerna’ oleh para pengguna sehingga menghasilkan lebih banyak interaksi.

3. Lakukan update di waktu ‘ramai’

Banyak orang, terutama perusahaan online, meng-update Facebook hanya di jam-jam kerja. Menurut penelitian, melakukan update di malam hari akan meningkatkan 10% interaksi dan terjadi peningkatan 20% di akhir pekan.

4. Meminta respon

Jangan malu-malu untuk meminta Like atau komentar singkat dari teman atau fans terhadap konten unik yang baru saja Anda bagikan. Jangan lupa untuk membalas komentar yang sudah masuk.

5. Konten berupa ‘isilah titik-titik di bawah ini’ masih populer

Jika Anda masih segan meminta komentar karena takut tidak ada yang menjawab, gunakan trik konten ‘isilah titik-titik di bawah ini’ atau ‘lanjutkan kalimat ini’. Cara ini lebih halus dibandingkan dengan meminta komentar secara langsung, namun tetap meminta respon dari para pengguna.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda