Scroll to Top

Windows 7 Hampir Kalahkan Windows XP

By Ditya / Published on Thursday, 02 Aug 2012

Windows 7 XP

Sistem operasi Windows 7 dikabarkan telah hampir mengalahkan Windows XP sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan. Windows 7 menguasai 42,21 persen sedangkan Windows XP kuasai 42,86 persen.

data dari Net Applications menunjukan pasar sistem operasi desktop memang pasar ‘milik’ Microsoft dimana Windows menguasai lebih dari 92 persen pasar dan disusul Apple Mac dengan sekitar 6,97 persen dan Linux dengan perolehan pasar sekitar 1,02 persen.

Windows 7 memang sudah cukup lama dirilis, namun kehadirannya belum mampu mengalahkan dominasis sistem operasi tua yang dirilis tahun 2001 lalu, Windows XP.

Windows 7 mengalami peningkatan signifikan 1 tahun terkhir ini. Pada bulan Juli 2011, Windows 7 hanya menguasai sekitar 29,6 persen pasar dan pada Juli 2012 meningkat pesat dengan perolehan 42,21 persen pasar.

Seperti yang dilansir dari CNET (01/08/2012), Windows XP memang sistem operasi yang stabil dan banyak yang puas dengan kinerjanya, bahkan sistem operasi terbaru Microsoft kala itu, Windows Vista, harus bertekuk lutut dan akhirnya gagal.

desktop OS

Meski kinerjanya baik dan kebutuhan resource yang sedikit, Windows XP adalah sistem operasi yang sudah cukup berumur, kehadirannya saat ini dinilai sudah tidak dapa lagi mengoptimalkan perkembangan hardware dan sistem keamanan yang kuno.

Hal ini ditambah dengan kebijakan Microsoft untuk menghentikan dukungan terhadap Windows XP hingga April 2014. Waktunya memang masih dua tahun lagi, namun hal ini akan memaksa kalangan perusahaan untuk segera migrasi ke Windows 7.

Raksasa software asal Redmond ini juga menghentikan dukungan software baru untuk Windows XP, sebut saja Internet Explorer 9, Internet Explorer 10 dan Office 2013 tidak akan berjalan di Windows XP bahkan Vista.

Beberapa bulan kedepan sudah hampir dipastikan Windows XP akan turun tahta dan akan mengalami penurunan pangsa pasar secara signifikan dan akan segera digantikan Windows 7.

Bagaimana dengan Windows 8? Windows 8 akan perlu waktu untuk mengalahkan Windows 7 dengan perubahan besar yang dibawanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda