Scroll to Top

Facebook Dituduh Pengembang Hancurkan Bisnis Aplikasi

By Ditya / Published on Thursday, 02 Aug 2012

Facebook App Center

Pengembang aplikasi menuduh raksasa jejaring sosial Facebook ini ingin menghancurkan bisnis aplikasi. Pengembang aplikasi Facebook tersebut memposting klaim bahwa Facebook menghancurkan bisnisnya dengan membuat aplikasi serupa.

Pernyataan ini dilempar oleh Dalton Caldwell, CEO App.net yang menuduh bahwa Facebook lebih suka mengintimidasi pengembang dengan membangun aplikasi serupa daripada membantu komunitas pengembang untuk membuat aplikasi yang berkualitas.

Seperti yang dilansir dari Mashable (02/08/2012), hal ini berawal ketika Dalton Caldwell mengunjungi markas Facebook di Menlo Park, California pada tanggal 13 Juni untuk bertemu dengan beberapa eksekutif Facebook.

“Saya berharap hasil pertemuan ini akan menjadi meningkatkan dukungan kesekutif perusahaan untuk peluncuran produk saya yang akan datang,” tulis Dalton Caldwell.

CEO App.net ini menemukan motivasi berbeda dari Facebook. Dalto Caldwell mulai menjelaskan produk baru yang menurutnya cukup kompetitif dan akan diluncurkan di Facebook App Center.

Eksekutif Facebook menanggapinya dengan dingin dan mengatakan mereka tidak suka jika harus bersaing dengan produk yang menarik dan kompetitif. Kemudian Facebook melakukan penawaran untuk mengakuisisi perusahaan kyang dipimpin oleh Dalton Caldwell.

Dalton Caldwell pun menolak mentah-mentah tawaran Facebook karena akuisisi ini hanya mengambil bakat dan mengeliminasi pesaing, sehingga Facebook dapat membangun aplikasi serupa.

Hal yang diungkapkan Dalton Caldwell ini sebenarnya memang sudah terjadi, lihat saja setelah Facebook mengakuisisi Instagram, raksasa jejaring sosial ini kemudian leuncurkan aplikasi serupa dengan sebutan Facebook Camera.

Dalton Caldwell tidak pernah menjelaskan aplikasi apa yang akan diluncurkan, namun postingnya menuai banyak tanggapan. Menurut Dalton, Facebook seperti memberi pilihan : “Bergabung dengan kami atau mati”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda