Scroll to Top

Wanita dengan Diabetes Alami Masalah Seksual

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 02 Aug 2012

Diabetes

Wanita yang hidup dengan diabetes berisiko mengalami masalah dalam kehidupan seksualnya. Ini terungkap dari studi yang dilakukan University of California, San Fransisco, baru-baru ini. Sebelumnya, banyak penelitian yang mengungkapkan hubungan diabetes pada pria dengan masalah disfungsi seksual.  Dan, studi ini menegaskan bahwa wanita pun bisa mengalami hal serupa jika diabetes menyerangnya.

Peneliti melibatkan sejumlah 2.300 wanita di California, AS. Mereka berusia 40-80 tahun. Mereka diketahui terbagi atas wanita yang tidak memiliki keluhan diabetes sebanyak 80 persen, mengalami diabetes tanpa menggunakan insulin sebesar 15 persen, dan menggunakan insulin untuk mengatasi diabetes sebanyak 5 persen. Mereka masing-masing diamati kepuasan seksualnya.

Hasilnya cukup berbeda. Wanita yang tidak memiliki diabetes, cenderung dominan tidak mengalami masalah dalam kehidupan seksualnya. Hanya kurang dari 20 persen yang bermasalah. Sementara wanita yang menggunakan insulin, lebih dari sepertiga merasakan tidak puas dalam kehidupan seksualnya. Pada wanita yang mengalami diabetes tapi tidak memakai insulin, sekitar 25 persen mengalami masalah seksual.

Wanita dengan diabetes pada umumnya tetap tertarik untuk berhubungan seksual. Namun, ada kondisi fisik yang memengaruhi kehidupan seksnya. Misalnya, wanita yang memakai insulin punya masalah dalam lubrikasi dan orgasme. Pada wanita yang diabetesnya sudah berujung komplikasi dengan penyakit lain, mereka memiliki aktivitas seksual yang cukup rendah, yaitu sebulan sekali.

Menurut peneliti, diabetes ini mempengaruhi aliran darah yang bekerja kurang baik dari biasanya. Inilah yang kemudian membawa masalah pada aktivitas seksual wanita. Penelitian ini dimuat  pada jurnal Obstetrics & Gynecology

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda