Scroll to Top

Memandang Keelokan Puncak Gunung Merapi dari Ketep Pass

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 02 Aug 2012

ketep

Menikmati keindahan gunung paling asyik berada langsung di dekatnya. Apalagi jika bisa naik hingga mendekati puncaknya, pesona keindahannya makin terasa. Kalau Anda berada di Jawa Tengah, salah satu tempat paling menarik untuk menikmati gunung adalah Ketep Pass. Gardu pandang Gunung Merapi ini terletak di daerah Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Selain menjadi tempat pemantauan, Ketep Pass juga memiliki museum vulkanologi.  Di dalamya terdapat bioskop mini yang memutar tayangan tentang aktivitas Gunung Merapi.  Di dalam cerita juga ditampilkan sejarah Gunung Merapi, jalur mendaki, sampai berbagai letusan yang pernah terjadi.

ketep

Paling asik berada di Ketep Pass waktu hari sedang cerah. Semua pemandangan puncak gunung bisa terlihat, asal tidak ada awan yang menyelimuti. Di ketinggian 1.200 meter dpl, Anda bisa melihat dengan dekat puncak Gunung Merapi hingga jalur aliran lahar memakai teropong yang banyak disewakan warga setempat.

Ketep Pas bisa ditempung dengan lancar dari Boyolali maupun Magelang. Jalannya sudah beraspal halus, namun banyak belokan. Jarak tempuh dari kedua kota itu hanya sekitar 30-35 kilometer. Kalau dari Kota Yogyakarta, jarak tempuhnya mencapai 43 kilometer.

Satu lagi keindahan luar biasa di tempat ini, yaitu Anda bisa melihat juga Gunung Merbabu, Sindoro, Sumbing, dan Slamet. Itu masih ditambah lagi keelokan Bukit Menoreh, Telomoyo, Andong, dan Tidar. Menarik bukan? Tempat ini ramai kala hari libur tiba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda