Scroll to Top

Berkunjung ke Gallipoli, Masjid Terbesar di Sydney

By C Novita / Published on Thursday, 02 Aug 2012

masjid gallipoli

Gallipoli adalah sebuah masjid yang berwarna nuansa krem, lengkap dengan kubah dan menara tinggi di depan bangunannya, terdapat di wilayah Auburn, Sydney. Berdiri di atas tanah seluas 4000 meter persegi, Gallipoli menjadi masjid yang terbesar di Sydney saat ini.

Di bulan Ramadhan, aktifitas keislaman yang diselenggarakan di pusat kegiatan Islam itu tampak mencolok. Mulai dari kegiatan tarawih, buka bersama, hingga beberapa kajian islam yang dihadiri oleh umat muslim dari berbagai wilayah di Australia.

Meski demikian, kunjungan dari warga atau wisatawan non Islam pun masih saja banyak datang ke masjid tersebut. Sebab pengurus masjid memang tak pernah melarang siapapun yang ingin melihat keindahan desain dan arsitekturnya.

Desain arsitektur masjid Gallipoli diwarnai oleh kebudayaan Turki, karena pendiri awal masjid tersebut memang komunitas warga Turki. Ini terlihat dari penggunaan kaca jendela, karpet serta lampu gantung yang kental dengan corak Turki.

gallipoli masjid

Masjid tersebut awalnya hanya sebuah rumah yang difungsikan sebagai masjid, dengan menjebol dinding penyekatnya agar tampak lebar. Lalu kemudian diperluas dengan bantuan kerjasama pemerintah Australia dan warga Turki yang berada di Australia.

Butuh waktu 13 tahun dalam menyelesaikan bangunan megah tersebut hingga menjadi seperti saat ini. Biaya yang dihabiskan adalah 6 juta dolar Amerika, dan tahun 1999 masjid tersebut diresmikan.

Saat shalat Jum’at adalah saat dimana masjid Gallipoli banjir oleh jama’ah, sebab yang mengikuti shalat Jum’at hingga 1000 orang lebih.

Anda penasaran ingin berkunjung ke masjid Gallipoli, langsung saja ke 15-19 Gelibolu Parade, Auburn, Sydney.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda