Scroll to Top

Pemain ISL yang Gabung ke Timnas Indonesia Dituding Tak Punya Etika

By Aditya / Published on Friday, 03 Aug 2012

Timnas Indonesia Bambang Pamungkas ISL

Seperti yang telah diduga, bergabungnya para pemain yang berkompetisi di Indonesia Super League (ISL) ke Timnas Indonesia yang dibentuk PSSI akan memantik kontroversi. Salah satunya dari Andi Darussalam Tabusala yang menyebut bahwa Bambang Pamungkas dan kawan-kawan tidak profesional dan tidak beretika.

Seperti dikabarkan sebelumnya, beberapa pemain ISL telah bergabung dengan Timnas Indonesia asuhan Nil Maizar. Mereka itu antara lain Bambang Pamungkas, Ponaryo Astaman, Firman Utina, M. Ridwan, Okto Maniani, Titus Bonai, dan Patrich Wanggai.

Andi Darussalam Tabusala yang pernah menjabat sebagai Manajer Timnas Indonesia saat PSSI dipimpin oleh Nurdin Halid ini mengecam Ponaryo Astaman dan kawan-kawan yang dinilainya tidak mematuhi aturan.

”Saya sampaikan kepada mereka untuk memahami aturan main yang ada dan mengikuti kesepakatan yang seharusnya dijalankan. Ponaryo (Astaman) dan kawan-kawan harus lebih dulu meminta pertimbangan, saran atau izin dari klub masing-masing,” tukas Andi Darussalam Tabusala belum lama ini.

”Itulah profesionalisme, tetapi tidak harus mengabaikan etika yang harus dijunjung tinggi. Jika tidak, pemain itu sama saja tidak bersikap profesional dan tidak beretika!” lanjutnya.

Baginya, Timnas Indonesia adalah sesuatu yang sakral. Andi Darussalam Tabusala seolah ingin mengatakan bahwa timnas bentukan PSSI pimpinan Djohar Arifin Husin bukanlah Timnas Indonesia yang sebenarnya.

”Saya termasuk yang keberatan jika dalam situasi seperti ini kita mengedepankan kata timnas untuk tim yang dipersiapkan oleh PSSI. Konotasi timnas bagi saya sangat sakral dan tak bisa sembarang dipakai!” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda