Scroll to Top

Striker Asing Hambat Perkembangan Striker Muda Indonesia?

By Agus Prasetyo / Published on Friday, 03 Aug 2012

Agung Supriyanto Timnas U-22

Maraknya striker asing yang berlaga di kompetisi domestik, secara tidak langsung berimbas pada kurang berkembangnya pemain muda Indonesia pada posisi lini depan. Alhasil tidak mengherankan jika dalam kurun waktu beberapa tahun, timnas Indonesia serasa kesulitan jika harus mencari striker yang berkualitas untuk menghuni skuad timnas di bawah U-23.

Hampir sebagian besar klub-klub di Indonesia saat ini menggunakan duet asing di lini depan mereka.

Seperti Hilton Moriera dengan Keith Kayamba Gumbs di Sriwijaya FC, Aldo Barreto dengan Kenji Adachihara di Persiba Balikpapan, Noh Alam Shah dengan Marcio Souza di Persib Bandung dan klub Indonesia yang lainnya.

Keadaan tersebut ternyata juga diamati oleh pelatih Garuda Muda, Aji Santoso. Minimnya striker Timnas Indonesia membuat Aji gundah.

Pelatih Timnas U-23 itu berharap agar penggunaan striker asing di kompetisi musim depan mulai dibatasi.

“Ke depan ini harus dikaji ulang. Kuota untuk striker asing harus dikurangi” harap Aji Santoso seperti yang dilansir Bola.

Aji Santoso beranggapan duet asing dalam sebuah klub seperti itu sangat berimbas kepada Timnas. Pasalnya striker-striker muda Indonesia sedikit yang muncul, karena memang kalah bersaing di level klub.

“Dihilangkan sih tidak, tapi hanya dikurangi. Mungkin, maksimal satu striker asing” ujarnya.

Aji sendiri membantah kalau dirinya alergi dengan striker asing. Menurutnya ini bisa menjadi masukan untuk Joint Committee yang tengah menggodok penyatuan dua liga musim depan.

“Ini sekedar harapan. Toh striker asing juga bisa membantu pemain-pemain muda kita untuk berkembang” tambah Aji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda