Scroll to Top

UKG Kemdikbud Online 2012 Dihentikan Di Sejumlah Daerah

By Ika / Published on Friday, 03 Aug 2012

UKG 2012

 

Setelah terjadi berbagai kendala pada UKG Kemdikbud Online 2012, banyak pihak yang akhirnya melayangkan protes terhadap pemerintah. Kemdikbud sendiri tampaknya mulai mengambil tindakan tegas dengan menghentikan UKG di sejumlah daerah yang ditengarai kerap mengalami masalah karena terkendala koneksi internet.

Syawal Gultom selaku Kepala Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan menuturkan bahwa UKG pada tempat-tempat yang telah ditentukan akan kembali digelar pada 2 Oktober mendatang. Karena itu beliau menghimbau agar para guru di lokasi-lokasi bermasalah tersebut tidak perlu datang ke tempat UKG lagi.

“Sudah kita keluarkan pengumuman, guru peserta UKG tidak perlu hadir di TUK yang ngadat. Sehingga kegiatan mengajarnya tidak terganggu,” ujarnya.

Syawal Gultom lantas mengungkapkan bahwa penghentian UKG tidak dilakukan secara menyeluruh pada satu kabupaten atau satu kota, sekalipun dalam wilayah tersebut banyak yang mengalami kendala. Menurut Gultom, hanya tempat uji kompetensi (TUK) tertentu saja yang UKG-nya dihentikan.

“Pengumuman penghentian hanya melingkupi satuan unit TUK yang macet saja. Tidak berlaku menyeluruh satu kabupaten, kota, atau bahkan provinsi,” katanya. “Kita harus fair. Jangan dilihat yang macetnya saja, karena banyak juga yang lancar.”

Gultom kemudian membeberkan lokasi-lokasi mana saja yang banyak mengalami kendala dan wilayah mana yang mengalami kelancaran UKG hampir 100%. Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi adalah area yang paling banyak mengalami kendala. Sementara pelaksanaan UKG yang dinilai paling lancar ada pada daerah Bangka Belitung, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda