Scroll to Top

Hasil Akhir F1 GP Hungaria: Kemenangan Iringi Penampilan Ke-200 Button

By Rheza Fadhlillah / Published on Sunday, 31 Jul 2011

Button-HungaryTidak ada yang lebih bahagia dari Jenson Button pada balapan di Hungaria kali ini. Button sukses memberikan kemenangan pada penampilanya yang ke-200 di ajang balap Formula 1.

Kemenangan tersebut seolah menjadi hadiah atas konsistensinya membalap di belakang kemudi jet darat paling populer di dunia ini. Button finis 3 detik di depan pembalap Red Bull Sebastian Vettel dan 19 detik di depan pembalap Ferrari Fernando Alonso.

Hasil menggembirakan tersebut sayangnya tidak diikuti rekan satu timnya, Lewis Hamilton yang finis di posisi ke-4 setelah mengalami balapan yang berat dengan catatan 6 kali pit stop.

Hujan membasahi sirkuit sejak balapan pertama kali dimulai. Sebastian Vettel yang menghuni pole position langsung melarikan mobilnya untuk menjadi yang terdepan. Dibelakangnya, Hamilton dan Button menempel ketat mencari kelengahan dari pembalap Jerman tersebut.

Benar saja, selang beberapa putaran kemudian Hamilton dengan pasti menggusur posisi Vettel dan menyisihkannya di posisi kedua. Hamilton kemudian terus memperbaiki catatan waktunya dan menjauh dari kejaran Vettel. Kegemilangan Hamilton menyusul Vettel kemudian diikuit oleh Button beberapa putaran setelahnya.

Sementara itu duo Ferrari yang memulai balapan dengan kurang baik terlibat pertarungan sengit dengan duo Mercedes GP. Hasilnya Ferrari berhasil memenagi duel dan menempatkan kedua pembalapnya di depan kedua pembalap Mercedes.

Malang bagi Michael Schumacher yang harus keluar lintasan dan gagal melanjutkan lomba sehingga membuat intensitas pertarungan antara kedua tim Ferrari dan Mercedes berkurang.

Hal yang kurang menyenangkan juga didapatkan pembalap Renault, Nick Heidfeld. Mobil Renault miliknya terbakar usai dirinya keluar dari pit stop. Beruntung petugas segera tanggap sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Hujan yang turun tidak merata ditengah lomba sempat membuat bingung beberapa tim mengenai pemilihan ban. Korban dari kekacauan tersebut adalah Lewis Hamilton. Hamilton harus rela dua kali keluar-masuk pit untuk menukar ban Intermediate yang sebelumnya ia gunakan dengan ban soft.

Belum lagi sebuah Drive-Through penalty harus ia lakukan usai melakukan manuver ilegal yang nyaris membahayakan pembalap Force India, Paul Di Resta.

Kerugian yang dialami Hamilton tersebut dirasakan sebaliknya oleh Fernando Alonso yang kemudian mencuri posisi ketiga dari Hamilton. Jadilah posisi tiga besar diisi oleh Button, Vettel dan Alonso secara berurutan.

Hamilton yang baru kembali dari pit hanya berada di posisi kelima dibelakang  Webber. Namun jelang akhir lomba, sebuah manuver atraktif diperlihatkan Hamilton untuk menyalip Webber. Hamilton pun sukses mengunci posisi ke-4.

Hingga bendera akhir dikibarkan posisi tidak berubah, Button pun keluar sebagai juara seri ini diikuti Vettel dan Alonso. Sementara peraih catatan waktu tercepat jatuh kepada Felipe Massa dengan 1 menit 23.415 detik.

Hasil Akhir GP Hungaria:

  1. Button McLaren 1:43:42.337
  2. Vettel Red Bull+ 3.588
  3. Alonso Ferrari + 19.819
  4. Hamilton McLaren+ 48.338
  5. Webber Red Bull + 49.742
  6. Massa Ferrari + 1:17.176
  7. Di Resta Force India+ 1 lap
  8. Buemi Toro Rosso + 1 lap
  9. Rosberg Mercedes + 1 lap
  10. Alguersuari Toro Rosso + 1 lap
  11. Kobayashi Sauber+ 1 lap
  12. Petrov Renault + 1 lap
  13. Barrichello Williams + 2 laps
  14. Sutil Force India + 2 laps
  15. Perez Sauber + 2 laps
  16. Maldonado Williams+ 2 laps
  17. Glock Virgin + 4 laps
  18. Ricciardo HRT+ 4 laps
  19. D’Ambrosio Virgin + 5 laps
  20. Liuzzi HRT + 5 laps

Retirements :

  • Kovalainen Lotus
  • Schumacher Mercedes
  • Heidfeld Renault
  • Trulli Lotus


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda