Scroll to Top

PSSI: Liga Pondok Pesantren Siap Di Gelar

By Agus Prasetyo / Published on Saturday, 04 Aug 2012

Djohar Arifin

Keinginan PSSI untuk membersihkan judi dan pengaturan skor di pentas sepakbola nasional, membuat Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) tertarik menggelar kompetisi antar pondok pesantren.

Keinginan tersebut langsung disampaikan Ace Syaifuddin selaku Direktur Pendidikan Diniyah Dan Ponpes Kemenag RI, saat bersama rombongan menemui Ketua Umum PSSI Djohar Arifin.

Menurut Ace dengan jumlah 20 ribu pondok pesantren dan 150 ribu santri yang tersebar di seluruh Indonesia, sangat memungkinkan untuk bisa menggelar kompetisi sepakbola. Terlebih, mayoritas pesantren telah memiliki lapangan sepakbola yang refresentatif.

“Potensi untuk menggelar liga antar Ponpes cukup besar. Karena itulah kami menyambangi PSSI untuk membicarakan teknis pelaksanaan pertandingannya nanti” ungkap Ace seperti yang dilansir situs resmi PSSI.

Namun karena saat ini Kemenag tengah fokus untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Dan Seni Antar Pondok Pesantren Nasional(POSPENAS) di Gorontalo pada 2013 mendatang, kemungkinan untuk bisa menggulirkan liga antar Ponpes baru bisa bergulir pada tahun berikutnya.

“Saat ini kita menyusun dulu segala kebutuhan teknis, seperti aturan main dan sebagainya. Yang jelas, rencana untuk menggulirkan Liga Ponpes ini sudah bulat dan Insya Allah bisa terselenggara dengan baik” ujar Ace.

Sementara itu Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin mengaku sangat menyambut baik rencana Kemenegpora RI untuk menggulirkan kempetisi antara santri di Ponpes.

Menurutnya, ajang ini akan disambut antusias para santri yang memang mayoritas menyukai sepakbola.

“Untuk tahap awal, saya menyarankan agar disiapkan dulu perangkat teknisnya, seperti pelatih dan wasit. Kebetulan, PSSI sedang giat-giatnya melakukan upgreat pelatih. Guru-guru olahraga di Ponpes bisa ikut kursus pelatih” kata Djohar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda