Scroll to Top

Waspadai Bahaya Formalin Bagi Kesehatan Tubuh

By C Novita / Published on Saturday, 04 Aug 2012

bahaya formalin

Pengunaan formalin sebagai bahan pengawet berbagai penganan oleh oknum tak bertanggung jawab masih saja marak terjadi. Padahal sudah jelas diinformasikan betapa bahayanya efek penggunaan formalin terhadap kesehatan tubuh.

Kemampuan zat kimia formalin dalam membunuh bakteri pembusuk hingga mampu membuat bahan pangan jadi tak mudah rusak, itu yang menjadi alasan para oknum tersebut menggunakannya terus.

Efek formalin untuk kesehatan memang tak akan terasa dalam waktu yang singkat. Senyawa aldehida pada formalinlah yang biasanya mudah bereaksi dengan protein dan menimbulkan perubahan struktur serta bersifat karsinogenik. Kanker paru, kanker otak, dan beberapa jenis kanker lain dikhawatirkan timbul jika pemakaian senyawa kimia itu masih diteruskan.

Jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama, maka kerja hati, ginjal, paru-paru, dan berbagai organ lainnya akan terganggu. Itu karena organ tubuh manusia bersifat sensitif terhadap bahan asing.

Tak hanya bahan makanan, ternyata penggunaan formalin pada beberapa bahan pencuci piring, plastik, pembersih alat rumah tangga pun telah banyak ditemukan.

Cirinya, saat digunakan maka kulit biasanya akan teriritasi, merah, terasa perih seperti terbakar, mata pun merah, jika tercium, maka hidung akan terasa perih, batuk-batuk. Anda patut waspada jika semua gejala tersebut terasa.

Mengganti produk dengan yang aman dan tak mengandung formalin akan lebih aman bagi kesehatan keluarga Anda. Walau mungkin harganya akan lebih mahal dibanding dengan yang menggunakan formalin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda