Scroll to Top

UKG Kemdikbud Online 2012 Habiskan Biaya Rp50 Miliar

By Ika / Published on Saturday, 04 Aug 2012

UKG Guru

UKG Kemdikbud 2012 yang digelar secara online rupanya tidak berjalan sesuai harapan. Di tengah-tengah berita negatif yang beredar, Kemdikbud kemudian membocorkan tentang berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh pemerintah untuk menggelar UKG online tersebut.

Menurut Sekretaris Kepala BPSDMP-PMP Kemdikbud, anggaran yang dikeluarkan pemerintah rupanya mencapai Rp 50 miliar. Beliau lantas mengungkapkan bahwa biaya itu mencakup biaya UKG per peserta maupun honor pengawas.

“Total anggaran Rp 50 miliar dengan rata-rata Rp 50 ribu per orang,” ujarnya. “Honor pengawas di kabupaten/kota itu Rp 90 ribu per hari dengan waktu mengawas efektif selama delapan jam.”

Sementara itu Mohammad Nuh selaku Mendikbud mengungkapkan bahwa anggaran uji kompetensi guru tersebut telah dipersiapkan secara matang sejak jauh-jauh hari. Pembahasan anggaran UKG itupun sudah dilakukan sejak tahun 2011 lalu.

“Tidak mungkin anggaran program tahun ini dibahas tahun ini. Semua kan sudah dari 2011 lalu, dibahas bersama DPR,” katanya.

Sayangnya, anggaran bernilai besar tersebut tidak sebanding dengan kelancaran UKG yang dilaksanakan sejak tanggal 30 Juli 2012 lalu. Tak hanya terhambat koneksi internet saja, bahkan sejumlah pihak mengeluh kalau soal-soal UKG tidak bermutu sehingga peserta kesulitan untuk menjawab.

Walau begitu Syawal Gultom selaku Kepala BPSDMP-PMP mengungkapkan bahwa UKG online gelombang kedua yang rencananya akan digelar pada bulan Oktober mendatang dijamin tidak akan mengalami masalah.

“Gelombang kedua tak akan lagi ada perbedaan data dan gangguan internet,” ujarnya seperti dilansir Kompas. “Semua akan lebih baik karena yang dipanggil hanya guru yang sudah submit.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda