Scroll to Top

Puasa Ramadhan: Wajib Zakat Fitrah Dan Orang Yang Berhak Menerima Zakat

By Agus Prasetyo / Published on Saturday, 04 Aug 2012

Ramadhan 3

Di Bulan Puasa Ramadhan 2012 ini, setiap umat Islam diwajibkan untuk berzakat. Zakat merupakan salah satu rukum Islam, yaitu rukun Islam yang ketiga. Hal ini sebagaimana dikemukakan dalam Hadist dan beberapa ayat Al Quran, antara lain:

“Islam didirikan di atas lima dasar: mengikrarkan bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah rasul Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan berhaji bagi siapa saja yang mampu” (HR. Muttafaq ‘alaih).

“Tidaklah mereka itu diperintah, melainkan supaya beribadah kepada Allah dengan ikhlas dan condong melakukan agama karenaNya, begitu juga supaya mengerjakan shalat dan membayar zakat dan itulah agama yang lurus” (QS. Bayyinah: 5).

Sebagaimana yang ditegaskan dalam QS. At-Taubah: 60, golongan yang berhak menerima pemberian zakat dibagi dalam delapan kelompok, yaitu:

  1. Faqir. Orang beriman yang tidak punya harta dan kemampuan untuk berusaha, sehingga tidak mampu memenuhi segala kebutuhan hidupnya.
  2. Miskin. Orang beriman yang mempunyai kemampuan untuk berusaha, namun hasil usahanya masih belum mencukupi untuk memenuhi segala kebutuhan hidup.
  3. Amil. Orang beriman yang ditunjuk untuk mengurusi atau mengumpulkan zakat, sedangkan ia tidak memperoleh gaji atau upah dari kegiatannya itu.
  4. Muallafah Qulubuhum. Orang yang baru masuk Islam.
  5. Ar-Riqab. Seorang hamba sahaya yang telah dijanjikan oleh tuannya bahwa dia boleh menebus dirinya dengan sejumlah uang yang telah ditentukan.
  6. Al-Gharimun. Orang beriman yang berhutang untuk memenuhi kebutuhan hidup (di jalan Allah) dan belum mampu untuk melunasi hutangnya tersebut.
  7. Fi Sabilillah. Orang beriman yang berjihad di jalan Allah. Dalam hal ini bisa bala tentara yang berperang secara suka rela atau orang-orang yang mengikhlaskan jiwa raganya untuk Islam.
  8. Ibnu As-Sabil. Orang beriman yang sedang terlantar dalam perjalanan dan membutuhkan bantuan.

Selain penjelasan di atas ada pula beberapa golongan orang yang tidak berhak mendapatkan zakat, yaitu:

  1. Orang kaya
  2. Anak kecil yang dianggap kaya karena orang tuanya kaya.
  3. Orang kuat yang mampu bekerja.
  4. Orang kafir, murtad dan orang yang memerangi Islam.
  5. Isteri.
  6. Kedua orang tua, anak dan kerabat dekat (kecuali karena ada alasan tertentu).

Semoga dengan informasi di atas, semakin menambah pengetahuan kita untuk memberikan zakat demi kesempurnaan ibadah Puasa Ramadhan 2012 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda