Scroll to Top

Festival Kopi Indonesia Akan Diadakan di Ubud, Bali

By C Novita / Published on Saturday, 04 Aug 2012

festival kopi indonesia

Museum Puri Lukisan Ubud, Bali, akan menjadi lokasi digelarnya Festival Kopi Indonesia (Indonesia Coffee Festival ) pada 15-16 September 2012. Penyelenggara festival tersebut adalah para pengusaha dan pegiat industri kopi, serta pecinta minuman tersebut yang peduli dengan masa depan kopi di Indonesia.

Jika dilihat bahwa tanah Indonesia yang subur telah menghasilkan berbagai jenis kopi khas yang nikmat, serta memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda, maka wajar jika Indonesia menggelar festival tersebut.

Tak hanya itu, cara penyajian kopi di beberapa daerah Indonesia pun unik dan beragam serta berbeda dengan cara penyajian kopi ala luar negri. Misalnya saja Kopi Tarik khas Aceh, yang unik sebab berkali-kali disaring dengan cara yang mirip dengan orang yang sedang menarik-narik.

Dikutip dari situs Metronews, Yanthi Tambunan yang adalah penggagas Festival Kopi Indonesia tersebut berharap bahwa Kopi Tubruk, atau kopi khas Indonesia dapat menyamai kepopuleran Cappucino.

“Selama ini masyarakat mengenal Capucino, padahal Indonesia punya produk asli yaitu Kopi Tubruk. Ini harus diperkenalkan kepada dunia”, tuturnya.

Selama ini produksi kopi asal Indonesia telah menyumbang 7 % kebutuhan kopi dunia. Dan diharapkan setelah festival, yang sengaja diadakan di Bali agar menarik minat banyak turis asing itu, permintaan luar negri terhadap kopi Indonesia meningkat.

Terutama produk unggulan dari 14 wilayah Indonesia diantaranya Aceh, Jawa, Lampung, Kopi Luwak, Papua, dan beberapa wilayah lain. Juga agar masyarakat Indonesia lebih bangga minum kopi produk dalam negri, dibanding produk luar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda